Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini: Day 3

Bermain Peran Pasar-Pasaran

"Your child will follow you example, more than your advice"

-anonymous-

Kalau ke pasar ajak anak, anak dengan semua inderanya akan belajar dan mempelajari apa yang kita lakukan ketika di pasar, seperti dialog bertransaksi antar penjual dan pembeli 

Dan dia rekam dalam memorinya, dan k3 bermain peran pasar-pasaran di rumah terlarut dalam kegiatan ya g dilihatnya ketika berbelanja di pasar bersama saya.

K3 bermain peran sendiri, dia akan bermain "pasaran", saya menguping kata-katanya, misalnya, "berapa harganya, bu/pak?", "Ini murah, "Itu mahal", "Saya mau beli ini?", "Ini uangnya?", "Ini kembaliannya."



Sebagai referensi, dari sebuah artikel disebutkan ajarkan anak sejak usia 4 atau 5 tahun. salahsatunya dengan metode pendukung lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajak anak untuk ikut berbelanja. 

Sehingga mereka bisa sekalian dilatih untuk membantu Anda saat berbelanja. 

Gunakanlah pembayaran tunai agar mereka bisa melihat bagaimana transaksi berlangsung, sekaligus memahami nilai mata uang.

Artikel selengkapnya


Referensi lain menyebutkan, kegiatan pasaran ini dapat menstimulasi aspek kreativitasnya. 

Anak juga dapat mengenal dan belajar bagaimana cara berdagang. Belajar tentang hitungan sederhana. Menstimulasi daya imajinasinya juga. 

Jangan lupa, anak juga belajar untuk berani, percaya diri dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Secara tidak langsung, jiwa wirausaha atau entrepeneurnya dapat terbentuk dengan baik. 

Sehingga jika si Kecil punya cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha, maka dapat diarahkan sejak kecil. Harapannya tentu supaya potensi prestasinya dapat terasah hingga menjadi generasi maju. Yaitu generasi yang mampu mencapai apa yang menjadi cita-citanya di masa depan.

Sumber:
Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

#hari3
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial
#kuliahbundasayang



Comments

Popular Posts