Tiga Babak, kamu siap?

 

Masa kian beranjak,

babak main tiga tersibak

 

Semangat di Komunitas kian semarak

Berbagai inspirasi sukses menjejak

 

Terharu kagum menyeruak

Raga dan jiwa ini pun menyala tergerak

 

Hello Sahabat, hai para calon warga, ingin ku ceritakan rasa ini, mengikuti babak main tiga dengan tema, "Berkarya Bersama".

 

Sesuai tema, "Berkarya Bersama", para calon warga membuat karya kegiatan kegiatan yang akan dilakukan bersama dan bermanfaat untuk orang lain.

 Mini Project

Oleh karena itu babak main tiga tak lagi mengisi lembar main, akan tetapi ada Mini Project yang dibuat para calon warga, termasuk diri ku.

 

Para calon warga termasuk diri ku ini mengumpulkan ide kegiatan yang bisa dilaksanakan di Kampung Komunitas.

 

Sesuai arahan, aku diminta menuliskan mulai dari:

 

Judul kegiatan

Tujuan kegiatannya

Target peserta

Panitia

Hal-hal yang diperlukan

Teknis pelaksanaan

 

Dalam Mini Project para calon warga dapat bekerja sama dengan calon warga yang lain apabila diperlukan.

 

Petunjuk Mini Project

Jika masing bingung para calon warga bisa melihat kembali petunjuk tentang Mini Project akan diunggah berkala di tautan bit.ly/petunjukminipro. 

Nah, jadi ga bingung lagi karena terbantu dengan adanya file berisi informasi mengenai Mini Project di tautan tersebut, dalam format PNG maupun template tersedia.

 

Atau jika masih kurang jelas bisa ngobrol sesama calon warga di group.

 

Silakan meluncur untuk mengintip informasi ini dalam format PNG maupun template sudah yang kami sediakan.

 

Menurut ku,  informasi yang disediakan dalam bentuk info grafis menarik dan jelas.

 Aku dan Mini Project




Mini Project offline ku berbagi kepada anak-anak tetangga di sekitar rumah, kegiatan peminjaman dan pengembalian buku untuk menumbuhkan semangat literasi baca.

 

Dengan berusaha menerapkan 3M, Menggunakan Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak, tidak berkumpul dalam waktu yang lama.

 

Aku juga menyediakan print lembar mewarnai dan membuat aneka garis.

 

Kegiatan online ku, yaitu aku berkolaborasi dengan warga di komunitas IP Jepara, aku mengambil peran menjadi moderator kegiatan online IP Jepara. Dengan narasumber yaitu mba Tutik dalam rangka rangkaian Milad Ibu Profesional.

Layar Tancap Arena Gobak Sodor




Aku juga senang ada Layar Tancap Arena Gobak Sodor dan Sarasehan Warga.

Berkarya bersama di dalam komunitas.

Menyimak untk lebih memahami dalam mempersiapkan diri kita untuk berkolaborasi dalam karya karena dibutuhkan Kerjasama dan kolaborasi dan berkarir bersama yang baik dengan tim di seluruh komponen.

Host Yunda Halinda dan Yunda Saras sebagai moderator.

Peran yang Dilakukan

Yunda Eci, sebagai Kepala Kampung di di Ibu Profesional, peran yang dilakukan, yaitu mendampingi kepala kampung tumbuh dan berkembang, menentukan visi bersama Ibu Profesional dan menyampaikannya ke regional.

Seberapa Penting Berkarya

Menurutnya penting sekali. Ada yang berperan menggunakan tikar, atau membersamai anak kecil, anak-anak peserta yang sedang ikut acara.

RCIP

Yunda Nesri, Direktur Riset (RCIP) Ibu Profesional, perannya mengelola sumber daya  Ibu Profesional. Misalnya narasumber, data-datanya aa di RHICP.

Insight

Perbanyak ngobrol-ngobrol, main bareng, buat beraktivitas bareng agar semakin dekat antar warga walaupun berbeda karakter.


Komunitas adalah tempat berekspresi, mengeluarkan potensi kita, peran yang nyaman kita lakukan, jika membernya level master, tapi tidak bisa berbagi sebagai narasumber maka jika punya waktu kita masih berperan menjadi untuk menyapa teman-teman, menjadi host, mentor rumble, membuat flyer dan peran lain sesuai kemampuannya.

Kembali diri kita sendiri, ruang tempat berekspresi, scale up, membuat skill kita meningkat, tidak usah melihat orang lain kenapa hanya kita saja yang berperan.

CoC

Dan yang paling penting, yaitu menyimak Yunda Ney dan Yunda Utami, dalam membersamai para warga sarasehan di layer tancap, ngobrol tentang CoC. 


Pedoman berperilaku di komunitas yang sama-sama dipahami dan disepakati, dikerjakan oleh semua elemen di komunitas.

Manfaat CoC di komunitas, yaitu aturan main sehingga sama-sama pahami untuk batasan, perilaku bermartabat.

Calon warga bersikap memperlajari poin-poin di CoC. Diharapkan memiliki pemahaman yang sama, dengan memahami isinya. Dan dibuat dengan sederhana agar semua memahami.

Poin pengurus dan poin anggota sudah diterangkan satu-persatu.

Ada quiz pembahasan yang menurut ku wajib disimak dan dipahami. Tentang penggunaan material hak cipta, tentang screenshoot percakapan, tentang silent rider, juga black list

Semua hal yang berkaitan tentang martabat. Selengkapnya ada di group FB Saung Sambut – Semai Kampung Main Ibu Profesional.

Harapan

Tak lupa, terima kasih untuk keluarga ku atas support systemnya, sama-sama belajar dan ilmu yang ku dapat menambah bekal untuk anak-anak ku di rumah, meningkatkan kualitas komunikasi efektif di rumah kami, menghangatkan rumah kami dengan harmonisasi kebaikan orang tua dan anak-anak.

Semoga diri ku ini bisa menjalankan CoC dengan baik, manusia tempatnya khilaf, dan di komunitas ini mengingatkan ku tentang usia, usia ku, Allah Swt yang memegang takdir ku, semoga di komunitas ini, aku mendapat ridho Allah, bermanfaat untuk orang lain, dan menambah amal kebaikan ku, Allahumma Aamiiin.

 

Comments

Popular Posts