Dune

 

“Mimpi adalah pesan dari dalam diri.”

“Dreams are message from the deep.”

Quotes itu disuarakan dengan bahasa planet Hakonnen.

Menurutku tema film Dune seperti film Avatar, fiksi ilmiah (sci-fi) science fiction.

Film ini berdasarkan diangkat dari novel yang berjudul sama Dune, ditulis oleh Frank Herbert.

Di Avatar dan Dune persamaannya ada sebuah koloni di Avatar, ini di film Dune disebut planet. Planet yang membutuhkan sumber daya yang dimiliki planet lain.

Bahasanya juga memiliki keunikan tersendiri. Eh bahasa Arab juga dipergunakan di film ini dipergunakan planet Arrakis, tentu saja mengacu pada novel ketiga yang berjudul sama dengan filmnya, Dune, yang ditulis oleh Frank Herbert, 1965.

Planet Arrakis itu digambarkan di film merupakan gurun dan penduduknya memiliki kepercayaan bahwa akan hadir seorang yang disebut Mahdi, yang akan membantu perjuangan kebebasan planetnya.


Ada istilah-istilah asing juga dalam film ini, istilahnya penting juga untuk disimak karena berkaitan dengan isi film, jadi biar ga bingung dan nyambung mengikuti isi kisahnya.

Perebutan kekuasaan dibalut dengan kisah mistis dari penduduk asli yang mendalami planet, planet yang penuh misteri yang akan terkuak ketika menonton film ini.

Planet yang tak rela sumber dayanya dirampas dan diserang dengan kekejaman. Ternyata, Imperialisme planet di masa depan pun masih ada. Ada penjajah, yang dijajah, hasil bumi yang dijajah dirampas, dijual dengan harga tinggi.

Film ini dimulai dengan monolog dari seorang penduduk yang tinggal di planet Arrakis, bernama Chani, diperankan oleh aktris Zendaya. menggambarkan keindahan negerinya ketika matahari terbenam dan asal mula konflik antar planet terjadi.

Kisahnya berlanjut dengan penunjukan keluarga Atreides oleh kaisar ke planet Arrakis, pembekalan Paul Atreides (Timothee Chalamet) untuk menghadapi tantangan di Arrakis.

Buat yang suka film  genre sci-fi dan thinking oriented, familiar dengan film Star Wars, Star Trek, layak ditonton film ini, apalagi bertabur bintang terkenal seperti Zendaya, Timothee Chalamet, Jason Mamoa.

Apalagi yang suka kostum yang dipakai pemain film, cosplay, CGI (Computer-Generated Imaginery) atau pencitraan hasil komputer, layak dinikmati.

Ngomongin Star Wars, film Dune mirip Star WarsMelansir Mojok.co, "Dune adalah inspirasi George Lucas untuk StarWars.

Novel Dune rilis pada 1965 dan menjadi sangat populer pada masanya. Dua belas tahun kemudian, film pertama StarWars tayang di bioskop dengan segala konsep yang mirip dengan Dune.

Kek nya emang bener ya, Paul Atreides sama Anakin Skywalker di Star Wars, potongan rambutnya kek sama gitu. He..he

Aku suka sama kata-kata yang ada di film ini, alias quotes gitu. Misalnya ketika ibunya Paul Atreides, Lady Jessica Atreides memberikan ilmu dan kekuatan kepada Paul, juga ketika dalam keadaan genting, Lady Jessica mengulang-ulang kata-kata, "Aku tak boleh takut ..."


Nonton film ini kok aku ngantuk ya, apa karena lagi flu, bawaannya nempel sama bantal aja. Awal-awal itu pengenalan tokoh, asal mula sampai terjadi konflik, tapi lama banged. Serunya di belakang-belakang. So, tonton ajah ya. Worth it.


Comments

Popular Posts