Melatih Kecerdasan Anak: Day 10


أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ 

Game Level #3
Melatih Kecerdasan Anak
Tantangan hari ke-10

Tema "Family Project": Fun Learning to Get Ridho Allah



Si ibuk paling senang menemani k-3 melakukan permainan fisik, waktu terasa cepat berlalu dan k-3 juga akhirnya energinya tersalurkan, kami berdua pun sama-sama enjoy.

Kami juga memanfaatkan permainan di lingkungan TK jika mampir ke sekolahan k-2, karena letaknya satu komplek.







Permainan outdoor ini anak usia dini sangat penting, karena kegiatan diluar ruangan ini sangatlah menyenangkan.

Sebagaian profesional dalam bidang anak usia dini sepakat bahwa bermain dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan fisik, kognitif, sosial dan emosional dengan penekanan pada berbagai aspek perkembangan tergantung pada fokusnya dan program kegiatan yang diberikan.



Frost dan Worthman 1966 merangkum bagaimana masing-masing aspek perkembangan dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain dan mengkalsifikasikan  tipe-tipe materi yang cocok untuk masing-masing perkembangan anak dan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Anak-anak berkembang di semua bidang perkembangan sehingga menuntut  orang dewasa berhati-hati dalam mengatur dan merancang kegiatan outdoor dengan memperhatikan safety (keamanan).

Tempat outdoor juga haruslah mempunyai estetika harus menyenangkan, ruang outdoor harus menarik indra. 

Talbot dan Frost 1966 setiap desain dalam outdoor haruslah dipertimbangkan tempat bermain yang menstimulus rasa takjub dan kepekaan indra anak, hal ini akan berpengaruh terhadap motivasi anak untuk beraktivitas yang akhirnya meningkatkan kepekaan rasa anak dalam menyerap estetika.

Nah itu dari sumber di link yang di bawah ini ya, si ibuk menambahkan juga dalam bermain outdoor juga memperhatikan aspek kesehatan.

Apalagi permainan ketangkasan dalam mal-mal.


Ada 3 Tujuan Anak Belajar Outdoor

Dalam kurikulum lingkungan  bermain outdoor adalah hal yang memerlukan perhatian yang sama dengan kegiatan di dalam kelas yang memperhatikan sifat emosional, sosial, ekonomi, kognitif dan fisik :

Tujuan perkembangan Sosial Emosional.
  • Berunding dan kompromi serta kooperatif dengan sesama teman dalam menggunakan peralatan yang ada di arena bermain, berbagai alat , seni bermain kelompok.
  • Mengekspresikan kreativitas, dengan membuat berbagai benda, seni, mengembangkan permainan baru.
  • Mempertinggi rasa percaya diri (guna mengasah motorik halus dan motorik kasar)
  • Menambahkan kemandirian, seperti mendaki, turun dengan menggunakan tali sendri dan lainya.

Tujuan Perkembangan Kognitif
  • Membuat suatu keputusan yang diambilnya sendiri.
  • Merencanakan dan memiliki banyak ide dalam segala bentuk permainan yang di berikan.
  • Memecahkan masalah dari setiap permainan yang diberikan oleh guru pembimbingnnya, seperti membuat terowongan dibukit  pasir dan dapat melakukan perpindahan permainan dari satu permainan ke permainan yang lain.
  • Menggali pengalaman melalui berbagai peran dan kegiatan bermain.
  • Dapat bekerjasama dengan teman-teman sepermainannya. 
  • Memperkaya kosa kata dalam berdialog.

Tujuan perkembangan Fisik
  • Mengembangkan motorik kasar dalam setiap kegiatan permainan sehari-hari. Seperti mendaki, bergelayutan, melompat, loncat tali dan berlari-lari. 
  • Menambah koordinasi  gerakan dengan  mata dan tangan.
  • Mengatur keseimbangan badan dalam melakukan kegiatan dalam permainan.
  • Menambah kesadaran akan ruang dan tempat tempat bermain.
  • Menunjukan ketekunan dan ketahanan dalam melakukan kegiatan bermain dari sarana yang digunakan.

Sumber: Outdoor dan Anak Usia Dini

((أستغفر الله العظيم))
والله أعلمُ بالـصـواب

#hari10
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular Posts