Melatih Kecerdasan Anak: Day 8


أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ 

Game Level #3
Melatih Kecerdasan Anak
Tantangan hari ke-8

Tema "Family Project": Fun Learning to Get Ridho Allah

Indikator pembelajaran:
Meningkatkan kecerdasan melalui pembelajaran fitrah belajar dan bernalar.



Tujuan pembelajaran:
Membangkitkan semangat belajar melalui bahasa ibu (sempurna ekspresi), belajar di alam, belajar bersama ayah dan bunda, membangkitkan imaji positif tentang alam dan kehidupan, serta melakukan eksperimen di alam.

sumber: bimbelkitaka





Ketika liburan tiba, keluarga kami memilih untuk menjelajah alam.

Di daerah kami, banyak potensi wisata yang belum kami eksplore.

Atau kami keluar kota jika waktu kami lumayan panjang.



Sebagai orangtua menjelajah alam dengan waktu terbatas, pilihan kami yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata yang penuh dengan kearifan lokal.

Menjadi alternatif kami untuk belqkar bersama anak mengenalkan anak dengan kearifan lokal.

Setelah perencanaan, biasanya Sabtu malam sudah disounding ke anak-anak, juga persiapan mebawa bekal, bangun Subuh, jam 06. 00 WIB, berangkat.




Menikmati perjalanan sejuk di pagi hari dan suasana alam asri di pagi nan sejuk. Belum ramai orang.




Setelah itu kami berenang, karena memang biasanya belum mandi, he..he..

Menjelang Dzhur, kami biasanya sudah tiba di rumah, beristirahat dan bisa mereview pengalaman kami. Sore anak-anak masih bisa bermain di lingkungan rumah. Malamnya lanjut malam keluarga.



5. Belajar Kepemimpinan (Executive Functioning) dengan memelihara hewan




Kami pernah mencoba mengajarkan memilihara ikan hias, tapi mati. Burung eh ketika kami bersihkan terbang bebas, wk..wk..
Kucing? si ibuk ini suka kucing tapi si ibuk ini tidak berani memeliharanya.  Akhirnya kami belum mencoba memlihara hewan lagi. Kami berusaha mengenalkan jika ke tempat-tenpat wisata atau ke kebun binatang. Naik kuda, gajah, ataupun unta.

6. Belajar Mendaki Bukit untuk membentuk sikap dan fisiknya

K-1 bertubuh besar, tapi aktif, kesukaannya adalah bermain sepak bola, tapi kalau disuruh berjalan, dia lebih memilih naik motor, hi..hi..kalau main bola, keringat bercucuran, main bulu tangkis juga suka.










Hikmah yang diambil dalam fitrah belajar dan bernalar di luar ruangan, adalah ekspolarasi dengan cara yang menyenangkan bersama keluarga, hikmah perjalanan juga bisa kami dapat, seperti belajar bersabar dengan kemacetan, antri di toilet, tetap ibadah. Atau mengajarkan ibadah Qasar atau Jamak. Belajar bersyukur tentang alam pemberian Allah, melihat serangga, beranekaragam bentuk bebatuan.

Dimana ketika belajar di liar ruangan indera kami pun bermain sepuasanya, mata melihat keindahan alam, hidung menghirup udara sejuk, bau daun, bau tanah, mulut kami bertasbih, mengagungkan kebesaran Allah, mengobrol rileks dan berusaha menjawab pertanyaan anak-anak, menyentuh dan meraba juga merasakan beraneka ragam bentuk alam. Alhamdulillahirabbil'alaamiin.

Anak-anak pun senang dan bisa merefresh hari itu, dan semangat menjalani hari sekolah, berikutnya. InsyaAllah.

((أستغفر الله العظيم))
والله أعلمُ بالـصـواب
#hari8
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional




Comments

Popular Posts