Mengenali Gaya Belajar Anak: Day 4: K2 Menjahit

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Game Level#4
Mengenali Gaya Belajar Anak
Tantangan hari ke-4

K2 Menjahit

Ayah Bunda, Sahabat, di hari pertama si ibuk sharing tentang sikap dan tingkah laku k2 dari balita sampai usia mau 9 tahun ini.

Di masa balitanya, k2 itu aktif, suka aktivitas fisik, berlari, melompat, bergelantungan, seluncuran, naik jendela, berenang dan lain-lain.

Jika dari balita menurut observasi saya sulit untuk fokus dan diam di suatu tempat. Setelah usianya 7 tahun, k2 sangat koperatif dalam hal belajar dan fokus.

Pada tantangan hari ke-4 ini, saya mencoba mengajarkannya menjahit. Dan k2 terlihat antusias. K2 mau mencobanya sendiri. Dengan cara visual saya memperihatkan caranya, dimulai dari memberinya kertas sebagai pengganti bahan.

Sumber gambar: google

Langkah pertama, saya memperlihatkannya cara memasukan benang, kemudian cara "membundel" benang. Dan membuat garis putus-putus dan lurus di kertas untuk diikuti k2. 

Setelah itu k2, mencobanya sendiri walaupun masih belum lurus.

Kemudian saya ajarkan mengikat mati benangnya agar tidak mudah lepas. Dan saya perlihatkan apa yamg terjadi jika benang tidak diikat mati maka akan terlepas jahitannya tadi.

Tabel: Gaya Belajar Anak 
Sumber:IIP

Strategi belajar yang saya pergunakan: melakukan praktek (berbuat langsung) dengan mengoptimalkan indera penglihatan,  pendengaran dan peraba.

Hasil observasi:

  1. Visual: fokus melihat saya memperlihatkan caranya
  2. Audio: paham apa yang saya jelaskan
  3. Kinestetik: k2 belajar dengan berusaha mencoba dan mengalaminya sendiri, cepat dalam memasukkan benang dengan beberapa kali mencoba
Dan tantangan hari ini, k2 sangat senang sekali dan ketika saya menjahit k2 mengikuti saya. Dengan berkata, "Aku mau belajar jahit lagi."

والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari4
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP


Comments

Popular Posts