Mengenali Gaya Belajar Anak: Day 11: Outing

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Game Level#4
Mengenali Gaya Belajar Anak
Tantangan hari ke-11

Outing

Bisa menemani anak mengenali gaya belajarnya di kegiatan luar ruangan, senang sekali.

Pagi hari kami sudah bersiap-siap, hari Minggu ini, kami, yaitu saya dan k3 ikut rombongan teman-teman k3 di Sentra Tahfidz Balita, sekolah non-formalnya untuk hadir dalam kegiatan outing, piknik atau rihlah.

Kami mengunjungi Pantai Bandengan Jepara, k3 bermain air di laut, berenang menggunakan alat bantu ban bebek.

Setelah ishoma perjalanan berlanjut ke Pantai Kartini juga di Jepara, mengunjungi Ocean Park. Taman Laut. Melihat ekosistem di laut. Melalui akuarium air laut dan air tawar, melihat biotanya.

Dari dua tempat tersebut, saya menyimpulkan kegiatan bermain di laut dan mengunjungi Ocean Park, kami menumbuhkan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik sekaligus.

Melihat laut secara nyata, memunculkan sensasi gaya belajar kinestetiknya, merasakan asinnya air laut, geli kaki karena bisa bersentuhan dengan pasir laut yang lembut, merasakan semilir angin, teriknya panas matahari.

Belajar bermain bersama teman-teman. Belajar bersih diri setelah bermain di laut. Melihat beraneka ragam ikan di akuarium juga sholat di masjid divisualisasikan secara nyata.


Untuk auditori, yaitu mendengar suara gelombang air laut yang riuh ketika mendekat ke darat. Mendengar suara instruksi guru ketika memberikan aba-aba atau arahan selama perjalanan. Mendengar dan melafalkan murojaah selama perjalanan.

Sepulangnya dari sana, si ayah menanyakan kepada k3, perasaan dan apa yang dilakukannya di sana. K3 kemudian menjawab kalau dia bisa berenang di laut, lihat ikan dan senang bisa ikut. 

والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari11
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP



Comments

Popular Posts