Mengenali Gaya Belajar Anak: Day 12: Membuat Jus Queni

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Game Level#4
Mengenali Gaya Belajar Anak
Tantangan hari ke-12

Membuat Jus Queni

Semangat Senin, semangat melanjutkan tantangan hari ke-12, saya ingin membuatkan jus.Dan ada buah queni yang masih belum diapa-apakan di kulkas. 

Saya ajak k3 untuk menemani saya membuat jus queni. Saya ikutsertakan k3 untuk melihat, mendengar juga merasakan serta melakukn sesuatu dan belajar dari apa yang akan kami lakukan bersama.

Pertama, kami mengambil wadah, pisau dan buah queni dari dalam kulkas, sambil mengikuti arahan saya melalui indera pendengarnya, saya katakan, sambil mengambil bersama-sama, ini namanya buah queni.

Sambil mengupas kulitnya, saya katakan pada k3 jika memakai pisaunya hati-hati, karena ini benda tajam, biar ibuk saja dulu yang menggunakannya.




Saya menanyakan warna kulit buah queni, buahnya warna apa, k3 menyebutkan kuning, hijau, semangat sekali, teksturnya untuk dia pegang, rasa dingin karena buah dari kulkas, tekstur yang licin. 

Baunya yang harum. Saya tanyakan kalau buah queni bentukmya seperti buah apa ya? karena k3 belum paham, saya sampaikan seperti buah mangga.

"buahnya harum ya,?" tanya saya, k3 jawab, "iya". Wanginya lebih menyengat dibanding buah mangga, lanjut saya. Saya sampaikan, semoga menambah perbendaharaan kosa katanya. 

Selanjutnya saya ajak k3 memasukkan buah saya sudah dipotong-potong ke dalam blender, sambil saya katakan, ayo kita masukkan ke dalam blender, saya perlihatkan caranya, k3 mengikuti, walaupun ada buah yang berceceran. 

Kemudian saya arahkan tangannya untuk mengambil gula, sambil berkata kita tambah gula, ya, secukupnya, kalau berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Setelah itu, saya arahkan jarinya untuk memencet tombol on blender, sambil berkata, ayo kita pencet tombolnya, agar blendernya bisa berputar. Dan #drrrdrrrdrrr, suara dari blender, membuat k3 tertawa senang, memperlihatkan gigi-giginya, lucu sekali. Tertawa sambil berlari dan kemudian balik lagi.

Nah, sudah jadi, kata saya, ayo kita masukkan ke dalam gelas, lanjut saya. Setelah itu k3 meminumnya, "enak tanya saya, k3 menjawab iya.

Saya memancing visualnya dengan memperlihatkan dengan demonstrasi dan langkah-langkah kegiatan membuat jus queni.

Juga auditori dengan menyebutkan apa yang akan saya lakukan, bertanya kepada k3 di sela-sela kegiatan kami.  

Serta kinestetk, k3 ikut melakukan kegiatan seperti memasukkan buah, gula, dan memegang wadah serta memegang kulit serta daging buah queni.

Saya berharap dengan membuat jus, k3 dapat belajar mengoptimalkan gaya belajar visual, auditori dan kinestetiknya kelak.


والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari12
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP



Comments

Popular Posts