Mengenali Gaya Belajar Anak: Day 13: Kancind dan Pom Pom

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Game Level#4
Mengenali Gaya Belajar Anak
Tantangan hari ke-13

Bermain warna dengan kancing dan pom-pom

Si ibuk melubangi kardus bekas kotak susu.

Saya mencontohkan ke k3, memasukan satu per satu kancing dengan menyebutkan warnanya dalam bahasa Indonesia, kemudian bahasa Inggris. Ini saya lakukan untuk mengenali gaya Visual dan Auditori.

Setelah warna masuk kotak semua, saya persilahkan k3 mencoba. Tujuannya agar k3 juga  mengenali gaya belajar kinestetiknya, ternyata k3 bisa melakukannya. Karena bahan kardus yang empuk, juga lubang kardus tidak terlalu sempit tapi saya buat tidak terlalu lebar agar belajar penekanan pada jari-jarinya ketika mencoba memasukan kancing ke dalam lubang 

Kali ini saya pancing dengan pertanyaan untuk ikut menyebutkan warnanya, maksud saya untuk melatih kepahaman k3 dari arahan dan instruksi saya.

K3 masih sedikit mau mengikuti saya dan tidak banyak menjawab pertanyaan saya, k3 asyik memasukan kancing ke dalam lubang.

Setelah semua kancing masuk kardus kemudian k3 meminta mengulangnya lagi. Kali ini saya membuat barisan kancing dengan warna yang sama.

Dan meminta k3 untuk memasukkan kancingnya sesuai dengan warna yang sama dari barisan kancing, kemudian ketika k3 memasukkan, saya menyebutkan jumlah kancing yang masuk.

Setelah barisan warna yang sama masuk semua, saya beri tepuk tangan k3, sambil berkata, "Yeay, kancing warna merah, jumlahnya ada dua", dengan penekanan pada intonasi saya.

Selanjutnya, k3 memasukan barisan warna lain, dan saya katakan yang sama seperti di atas.

Kemudian setelah warna barisan selesai, k3 minta mengulangnya lagi menyusunnya.

Ya, hari itu adalah pertama kali saya bermain dengan menggunakan media kancing dan pom-pom, sehingga k3 terlihat antusias.

Dan dilakukan berulang kali tanpa bosan.

Setelah saya contohkan, diulang kembali, kemudian saya bertanya, warna kancing merah berapa, biru berapa dan seterusnya, k3 ada yang mau menjawabnya dan ada yang hanya diam saja, sambil memasukkan kancing. 

Saya lihat k3 lebih tertarik dengan gerakan memasukkna kancing ke dalam lubang kardus.

Kemudian pom-pom saya taruh ke atas kancing menyamakan dengan warna kancing menggunakan penjepit, k3 hanya mau melakukannya sebentar, setelah itu k3 membuat kue ulang tahun versi k3 dengan tumpukan kancing dan pom-pom ke dalam mangkok. 

Karena k3 sudah mulai tidak fokus dan hanya ingin bermain menggunakan imajinasinya, saya akhiri permainan kami berdua.

Hari ini, saya mencoba mengobservasi untuk mengenali gaya k3 dalam belajar,  sesuai tabel dari sumber link mba Oky, yaitu:

  • Visual: fokus, menonton, warna, memperhatikan, melihat 
  • Auditori: Mendengar, menjawab, mengobrol, mengemukakan
  • Kinestetik: Menggerakan, mendapatkan, nyaman



Berikut saya lampirkan tabel yang saya dapat dari blog mba Oky, yang sangat bermanfaat.

Dari sumber linknya yaitu:

والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari13
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP




Comments

Popular Posts