Menstimulasi Anak Suka Baca: Day 11: Iqra


Day 11

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Iqra

Saya belajar memaknai isi kandungan surah al-Alaq ayai 1-5 dan hikmah yang ada di dalam kandungan tersebut.

Surah Al-'Alaq (Segumpal Darah). Surah ini terdiri atas 19 ayat, surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama kali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad bertafakur di gua Hira. Di bulan Ramadan.

Saya belajar mengapa Allah begitu menyayangi hamba-Nya, Allah memuliakan manusia dengan mengajar membaca, menulis, dan memberinya pengetahuan.

Perintah membaca di sini tentu harus dimaknai bukan sebatas membaca lembaran-lembaran buku, melainkan juga membaca ‘buku’ dunia, seperti membaca tanda-tanda kebesaran Allah Swt.

Membaca diri kita, alam semesta dan lain-lain. Berarti ayat tersebut memerintahkan kita untuk belajar dari mencari ilmu pengetahuan serta menjauhkan diri kita dari kebodohan.

Namun membaca yang mampu membawa kepada perubahan positif bagi kehidupan manusia bukanlah sembarang membaca, melainkan membaca ‘dengan menyebut nama Allah Yang Menciptakan’  اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ 

Dengan demikian dalam makna yang lebih luas, ayat pertama merupakan perintah untuk mencari ilmu, ilmu yang bersifat umum baik ilmu yang menyangkut ayat-ayat qauliyah (ayat Al Qur’an) dan ayat-ayat kauniyah (yang terjadi di alam).

Ayat qauliyah ialah tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang berupa firmanNya, yaitu Al-Quran.

Dari sini, saya belajar untuk menumbuhkan kecintaan kami sekeluarga dengan Al-Quran, tumbuh kecintaan kami kepada Allah,  menghiasi rumah kami dengan cahaya Al-Quran, belajar rutin untuk membacanya hingga melekat ke dalam relung hati dan berdoa agar kami mendapat syafaat dari Al-Quran kelak di akhirat nanti.


Belajar Al-Quran bersama anak-anak, menemaninya murojaah, tilawah, sambil saya pun belajar Al-Quran.

Dan ayat-ayat kauniyah ialah tanda-tanda kebesaran Allah Swt yang berupa keadaan alam semesta.

Ayat kedua Allah menganugerahkan manusia sebagai sebaik-baik penciptaan-Nya, dikaruniai akal pikiran, perasaan dan petunjuk agama.

Saya belajar agar senantiasa menjadi manusia yang bersyukur, menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Juga terdapat hikmah kewajiban menuntut ilmu, dengan mengenal asal usul dirinya secara jelas, nengetahui asal kejadiannya.

Ayat keempat, Allah Swt mengajar manusia dengan pena, mencatat berbagai cabang ilmu pengetahuan, manusia dapat menyatakan ide, pendapat dan keinginan hatinya dan dari pena manusia juga mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan baru.

Pada ayat kelima, Allah Swt mengajar manusia apa yang tidak/belum diketahuinya.
Manusia lahir ke dunia dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa.

Secara perlahan, Allah Swt memberikan manusia kemampuan melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya, sehingga dengan kemampuannya itu manusia mampu mencapai cabang ilmu baik ilmu agama maupun ilmu yang lain bahkan ilmu yang mungkin langsung diberikan oleh Allah Swt kepada beberapa orang yang dikehendaki tanpa melalui belajar (ilmu laduni).

Sumber referensi:Kandungan Surah Al-Alaq 1-5

#hari11
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#menstimulasisukamembaca
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
@maritaningtyas
@institut.ibu.profesional


Comments

Popular Posts