Menstimulasi Anak Suka Baca: Day 5: Sinergi Orangtua dan Sekolah


Day 5 BunSay
Game Level#5

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Sinergi Sekolah dan Orangtua

Sinergi tercipta dalam rangka menstimulasi anak suka baca, terutama dengan tema kisah sirah nabawiyah, dengan tujuan menumbuhkan fitrah keimanan dengan mencintai kisah-kisah di dalam Al-Quran dan sahabat Rasulullah Shalalahu wa alaihi wa salam dan juga menumbuhkan fitrah belajar anak.


Lomba menulis resume, kelas k2 ikut serta, tentu saja dengan membaca isi bukunya dulu akan terbangun pemahaman dan isi yang akan dituangkan ke dalam tulisan.

Dari guru memberikan petunjuk agar orangtua ikut membersamai memilihkan buku dan kisah yang sudah ditentukan.

Alhamdulillah sudah ada buku tentang sahabat dan sahabiyah di rumah, yaitu 64 Sahabat Teladan Utama, dengan buku Khalifah Pertama, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Singa Padang Pasir yang dimaksud adalah Umar bin Khattab.





Dua sahabat itu menjadi tema menulis dari sekolah dan diminta memilih salah satu. Ayah membantu membersamai memilihkan tulisan di buku.

Kemudia si ibuk ini meminta untuk membaca tulisan yang menjadi pilihan k2, setelah itu ibuk pancing dengan pertanyaan, dari apa yang k2 baca agar lebih memahami isi bacaannya. Dengan 5w + 1 how, disesuaikan tingkat pemahaman k2.


Misalnya siapa tokoh utama dari cerita, bagaimana tokoh itu bisa dikatakan seperti judulnya, apa hikmah dibalik cerita itu,  dan hikmah serta ibrahnya kemudian ibuk jadikan nasehat untuk k2. Semoga Allah meridhoi dan k2 mudah memahami dengan bantuan buku dari Sygma tersebut karena ditulis agar mudah dipahami oleh kami yang awam sirah juga dengan bahasa kisha sehingga mudah menyampaikan kepada anak.



Dilansir dari wikihow berikut cara meringkas cerita:
Bacalah ceritanya. Akan sangat sulit untuk meringkas cerita tanpa benar-benar membacanya. Jadi, bukalah buku Anda.

Catatlah konflik ceritanya. Hal ini berarti permasalahan utama apa pun yang harus dihadapi karakter. 

Saat Anda membaca, Anda perlu mengingat ide pokok ceritanya.

Selengkapnya bisa dilihat di Tips Menringkas Cerita



Semoga bermanfaat

والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari5
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#menstimulasisukamembaca
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
@maritaningtyas
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular Posts