Menstimulasi Anak Suka Baca: Day 6: Ayah Berkisah



Day 6 BunSay
Game Level#5

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Ayah Berkisah

Buku itu dibacakan kembali oleh ayah, menjelang tidur, k2 akhirnya tertidur pulas, sebelum kisah berakhir, karena kecapekan seharian beraktivitas dan tidak diselingi istirahat siang.

Suara ayah yang "berat" juga karena menahan kantuk, tetap membacakan kisah dengan terseret-seret karena rasa kantuknya☺


Sedangkan k3 masih 'kriyep-kriyep" matanya, sesekali melirik ibuk yang sedang duduk corat-coret di meja belajar yang tak jauh dari tempat tidur.

Beberapa menit kemudian mereka terlelap dalam tidurnya, sedangkan si ibu ini masih lanjut corat-coret.

Menurut Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI) mengatakan, kebiasaan membaca buku bisa tumbuh karena kebiasaan dari orangtua. Bahkan sejak anak masih di dalam perut atau berbentuk janin.



Membaca sangat mempengaruhi lima aspek perkembangan anak. Pertama fisik, kognitif, bahasa, emosi dan sosial (sosio emosional).

"Aspek fisik misalnya ketika anak membuka halaman buku, melatih motorik halus di sana. 

Lalu sisi kognitif atau kecerdasan karena ketika dia mendengarkan cerita secara otomatis membayangkan atau melatih imajinasinya," terang Nina.

Selain itu membaca juga melatih konsentrasi anak, beda dengan main dan nonton. Jika membaca, anak cenderung mempertahankan perhatiannya kepada apa yang dibaca.



"Nah kalau konsentrasi meningkat, apa yang ditangkap dan diingat lebih banyak sehingga dia lebih tanggap. Seterusnya dia akan haus pengetahuan baru dan berefek pada akademis yang lebih meningkat. Kemampuan berbahasa? Tentu meningkat, struktur dan logika bahasa lebih baik, pemahaman bacaan juga lebih baik," tambahnya.

Artikel selengkapnya bisa dilihat diCara Jitu Anak Suka Baca Buku dari Psikolog


والله أعلمُ بالـصـواب
أستغفر الله هل عظيم


#hari6
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#menstimulasisukamembaca
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
@maritaningtyas
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular Posts