Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini: Day 7

Berbelanja di Pasar Modern

Saya membawa serta anak-anak ketika berbelanja ke pasar modern.

Tantangannya menguras "esmosi" sewaktu k1 dan k2 kecil.

Maka dari itu sebelum saya ajak, saya berikan penjelasan kalau kami akan berbelanja kebutuhan yang perlu dan di sana saya mengarahkan agar berperilaku yang baik dan membeli satu makanan dan satu minuman saja untuk hadiah jajan.

Kenyataan di lapangan berkata lain, seperti k2 3 tahun, dia lebih senang "dlosoran" di lantai pasar, he..he. K1 suka merajuk jika melihat mainan.

Kalau k3 di usia 4 tahun, lebih senang berada di kereta dorong perbelanjaan.


Kalau sudah begitu, saya ingatkan perjanjian di awal di rumah. Kalau masih seperti itu, saya katakan kepada anak-anak bahwa kita tidak akan datang lagi ke sini. (mengancam ya...hi...hi...iya).

Hal itu berlangsung dan berproses, sesuai dengan pertambahan usia dan pemahaman mereka, saat ini sudah lebih baik,  k1 dan k2 bisa dibicarakan secara baik-baik, lebih paham. K3 masih perlu proses. Tantrumnya lebih ke arah menangis dan ketika kita gendong, lebih reda tangisannya. Bisa diarahkan atau ditunjukkan tempat yang lain. Misal, "Kak, itu di sana ada sesuatu yang bagus untuk dilihat, ayo kita ke sana," dan dia akan lupa.

Anak-anak tantrum diajak belanja, tarik nafas,  Dan katakan, marah kak? silahkan, mohon maaf, ibuk mau diam saja, duduk di sana (misalnya menunjuk tempat duduk, kalau tidak ada, cari dinding untuk bersender, menjauh dari tempat yang berisi barang-barang yang diinginkan anak).

Pengalaman anak-anak saya itu tidak tantrum meraung-raung, di lantai. Tantrumnya seperti mendorong saya, atau menarik baju saya. Yang lebih ekstrem pernah menendang-nendang tungkai kaki ayah. Dan sampai di rumah, kami berikan pemahaman lagi, mengajaknya ngobrol  dan menanyakan mengapa hal tersebut dilakukan, dan menanyakan bagaimana perasaannya.

Memberikan pemahaman kepada anak-anak membutuhkan proses, tantangan demi tantangan dilalui dengan usaha dan doa oleh orangtua untuk mencari solusi bukan menghindari tapi dihadapi.

Demikian, semoga bermanfaat.

#hari7
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial
#kuliahbundasayang










Comments

Popular Posts