Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini: Day 9

Cerdas Finansial dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Aplikasi video itu kalau dipergunakan dengan bijak, kita bisa melihat berbagai macam kegiatan DIY atau Do It Yourself.


Berbagai macam video DIY di upload di sana.

Saya termasuk yang menonton dan beberapa yang menjadi inspirasi kami di rumah, seperti membuat mainan dari botol plastik mineral dan kreasi hadiah dari handuk yang dibentuk menjadi boneka Tedy Bear, untuk hadiah bersama sabun ramah lingkungan yang juga sedang trend saat ini.


Inspirasi peluang usaha pun menggeliat dari berbagai macam tontonan ini. Tas dari bekas bungkus kopi, meja dan kursi dari ban atau tong bekas, atau peluang usaha atau bisnis dari pengolahan sampah plastik itu sendiri dengan menjual biji plastik.

Untuk kami di rumah, kami sudah mulai mengumpulkan botol plastik dan kardus bekas, Rp5000,00, bisa kami dapat dari hasil menjual barang-barang bekas itu.

Atau membuat mainan bekas, agar meminimalisir pembelian mainan baru agar menghemat uang misalnya kardus bekas untuk bermain memasukkan kancing atau pom-pom, kardus untuk dibuat kotak hadiah atau menyimpan harta karun tersembunyi, atau alas bermain puzzle atau botol menjadi pin bowling.



Atau bisa tutup botol sarana edukasi contohnya untuk belajar mengenal huruf.

Dan di Pati sendiri dalam rangka pembukaan alun-alun yang sudah selesai di renovasi, Sabtu, 29 November 2019, besok, tiap ASN juga anak-anak sekolah, diwajibkan membuat ecobrick diberikan jangka waktu sebulan, ternyata ada yang memanfaatkan untuk jualan ecobrick.


Kami membuatnya sendiri karena lebih puas  dan sampah plastik pun termanfaatkan.

Itulah sedikit peluang yang kami ciptakan dari memanfaatkan barang bekas. Kami belum bisa menciptakan bisnis, akan tetapi kami menstimulasi cerdas finansial kepada anak-anak dengan kreativitas barang bekas.

Semoga bermanfaat.

والله أعلمُ بالـصـواب

#hari9
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial









Comments

Popular Posts