Game Level#7: Semua Anak adalah Bintang: Day 15


Di suatu undangan, tiba-tiba k3 menari mengikuti irama lagu. Tanpa di minta. Inisiatif sendiri. He..he... Lucu juga ya. Saya sempatkan untuk merekamnya. K3 terlihat ceria dan menikmati tariannya bersama irama lagunya.


Oya ibuk mau berbagi artikel menarik, yaitu

Ada beberapa cara untuk mengenali bakat anak, yaitu:

  1. Melihat tingkah laku anak. Kegiatan apa yang sering dilakukannya? Anak lebih berminat pada hal-hal apa?
  2. Mengikuti perkembangan anak dengan cermat.
  3. Memberikan berbagai macam stimulus atau rangsangan kepada anak, misalnya dengan memberikan les atau permainan yang variatif.
  4. Melakukan tes psikologi (tes bakat) untuk melihat kelebihan dan kelemahan anak. Tes ini bisa dilakukan saat anak berusia 7 tahun atau saat masuk sekolah. Pada usia tersebut sudah terlihat bakat serta minat anak.

Pahami Perkembangan Anak

Menurut Dra. Clara Kriswanto, MA, CPBC, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua saat memberikan les untuk anak.

  1. Tidak mengutamakan pencapaian target. Penting diingat bahwa les diberikan sebagai upaya pengenalan kegiatan kepada anak.
  2. Les sebaiknya diberikan oleh guru yang memahami perkembangan anak. Jangan sampai guru memberi hukuman saat anak tidak bisa mengikuti les. Clara mencontohkan, saat anaknya harus les piano, selalu menangis bila sudah sampai di tempat les. Setelah ditilik, rupanya guru les kerap mencubit atau memukul tangan anaknya bila tidak bisa mengikuti instruksi sang guru.
  3. Pastikan anak tetap memiliki waktu yang seimbang untuk bermain dan istirahat.
  4. Jangan memaksakan kehendak kepada anak. Yang harus diutamakan adalah minat anak.
  5. Tetap pantau perkembangan anak.
  6. Upayakan untuk mengembangkan semua aspek kemampuan anak.

Bakat Saja Tidak Cukup!

Psikolog Clara Kriswanto menegaskan bahwa bakat saja tidak cukup.

Setidaknya diperlukan tiga hal lain yang akan mengasah potensi anak :

  • Harus ada dukungan dari orangtua maupun lingkungan
  • Dukungan yang diberikan tak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dukungan moril. Memberikan pujian (tanpa berlebihan dan terlalu sering) saat anak menunjukkan kemampuan juga menjadi bentuk dukungan. Bentuk dukungan juga bisa diberikan dengan tidak membanding-bandingkan anak dengan saudara atau temannya, apalagi sampai mendapat label negatif.
  • Tidak berhenti berusaha
  • Kalau anak tidak berminat, padahal mempunyai bakat di bidang seni atau olahraga, hendaknya orangtua tidak menyerah. Bisa saja anak merasa malas karena terlalu banyak les, hingga kelelahan. Ada baiknya tidak mengikutkan les terlalu banyak bagi anak. Orangtua hendaknya tidak memaksakan kehendak pada anak. Hukuman fisik seperti mencubit atau memukul saat anak tidak berlatih harus dihindari. Hukuman dapat membuat anak tidak tertarik pada kegiatan tersebut.
  • Berikan fasilitas yang memadai
  • Fasilitas yang diberikan tidak harus selalu mahal. Sediakan fasilitas sesuai kemampuan orangtua.

Sumber:

#hari15
#gamelevel7
#tantangan10hari
#semuaanakadalahbintang
#kuliahbundasayang



Comments

Popular Posts