Day 11: K2's Plan: Game Level 9: Think Creative

K2's Plan

K2 mengajak ngobrol saya.

Dia merancang liburan, siapa yang diajak, nginep dimana dan posisi kamar.

Saya dengarkan, tersadar kalau anak saya sedang berpikir kreatif dengan melontarkan gagasan atau idenya, akhirnya saya rekam tanpa sepengetahuannya.

Liburan yang dirancang kakak ini untuk Desember tahun depan, tahun 2020. MasyaAllah. Semoga diijabah Allah lebih cepat ya Kak. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin.


Berkah buat kakak ya. Planning yang kakak buat semoga diijabah Allah, kita semua, akung, uti, saudara-saudara semua diberikan nikmat sehat, kakak juga berkah karena mengajak saudara-saudara liburan gratis.

Aamiin Ya Rabbal'alaamiin.

Oya sebagai refensi si ibuk ini tentang anak menyampaikan gagasan. Saya baca dari sumber, klik link ini 4 Langkah Mengasah Kreativitas Anak, yaitu:

Mengembangkan kreativitas bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain melalui mainan anak.

Namun dalam mendidik dan mengasuh anak agar kreativitas terus diasah, mau tidak mau harus memperhatikan langkah-langkahnya.

Menurut Tika Bisono MPsiT.,Psi., seorang psikolog dan dosen Universitas Mercubuana, ada 4 langkah untuk mengasah kreativitas anak.

"Yang pertama adalah capturing. Artinya jangan lewatkan satupun ide atau gagasan yang dilontarkan anak. Setiap anak menyampaikan idenya, kita tanya apa, kalau memang tidak sesuai bisa dibelokkan sedikit-sedikit, tapi jangan diproses," sebut Tika saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (20/11/2013).

Langkah kedua, imbuh Tika, adalah surrounding. Langkah ini menuntut Anda untuk membiarkan anak memperluas pergaulannya. Tujuannya tak lain adalah agar anak dapat berinteraksi dengan teman seusianya. Perlahan-lahan, anak akan dapat menciptakan ide-ide kreatif berdasarkan pengalamnnya saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Tahap ketiga adalah challenging. Di tahap ini, sebagai orang tua Anda diminta untuk menantang anak menyelesaikan masalah. Masalah yang sederhana saja, misalnya menyelesaikan suatu permainan bersama dengan orang tuanya. Rangsang dan tuntun ia berpikir, jangan biarkan anak kesulitan sendiri.

"Terakhir adalah broadening, yaitu mempelajari hal-hal baru," pungkas Tika.

#hari11
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative


Comments

Popular Posts