Day 8: Menyanyi dengan Lirik Lagu: Game Level 9: Think Creative

Menyanyi dengan lirik lagu karangan sendiri

Momen membersamai anak-anak menjadi sumber inspirasi tulisan tantangan dari hari ke hari.

Seperti hari ini, saya baru sadar kalau k3 itu mengikuti k1 dan k2, suka mengubah lirik lagu dengan irama lagu yang telah dikenalnya.

Seperti lagu burung kakak tua, diubah liriknya sesuai dengan keinginannya.


Kalau k2 suka mengubah lagu Ziggy zagga
Ziggy to zagga dengan Dzikir , Zakat, Dzikir to Zakat, Sholat, Puasa. Dengan niat bukan untuk merubah hak cipta orang lain.

Misal K1 dan k2 membuat lirik yel-yel dan membuat nama kelompok atau menghafal pelajaran agar lebih mudah mengingat dengan lagu yang familiar.

Bagi saya itu inspirasi kreativitas.

Terima kasih k1, k2 dan k3 yang mewarnai hari ibuk dengan kehangatan selalu.

Menurut artikel yang ibuk baca, dikatakan bahwa Syair lagu anak bukan hanya cara bagus untuk menenangkan anak, tapi juga mengajarkan mereka beberapa hal.

Dr Georgina Nutton, pengajar pendidikan anak usia dini di Charles Darwin University (CDU) mengatakan lagu anak menyediakan susunan bangunan bagi bahasa awal mereka.

Menurut dia syair berima pada lagu-lagu seperti This This Old Man, Hey Diddle Diddle, dan Humpty Dumpty mengajarkan pola pada bahasa kepada anak yang akan berkembang seiring pertumbuhan mereka.

"Ketika mereka menginjak (usia) dua atau tiga tahun, Anda mengatakan sesuatu dan anak Anda akan mencetuskan kata berima tak terduga yang menyambung dengan apa yang Anda katakan," kata Dr Nutton.

"Ini hanya manfaat bahasa yang main-main, tapi itu menunjukkan kepada kita kalau anak memahami pola bunyi."

'Seperti mengisi celengan'

Pengajar bidang pendidikan khusus dan patologis wicara Dr Bea Staley mengatakan syair lagu anak memang bukan bagian integral dari perkembangan anak, tapi mereka membantu.

"Anda bisa tidak menggunakan lagu anak, tapi kenapa Anda perlu melakukannya?

"Dari titik pandang bahasa, anak kecil seperti celengan dan Anda terus memasukkan kata-kata. Ketika mereka mulai sekolah, kata-kata itu mulai ditarik seperti uang," ujarnya.

"Semakin banyak kata yang mereka dapat pada fase awal, cenderung semakin baik mereka di sekolah."

#hari8
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative


Comments

Popular Posts