Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini: Day 15

Berbagi

Di hari Jum'at, siswa di sekolah k2 di stimulasi untuk membiasakan berinfaq.

Ini merupakan kegiatan sekolah yang kami dukung sebagai orangtua.

Infaq sebagai wujud rasa syukur kepada Allah.

Allah SWT berfirman:

مثل الذين ينفقون أموالهم في سبيل الله كمثل حبة أنبتت سبع سنابل
Artinya, “Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti menanam sebuah biji, yang darinya tumbuh tujuh tandan,”

(Surat Al-Baqarah ayat 261).
Tak hanya kegiatan berinfaq, di hari lain, kelas k2, mengadakan kegiatan berbagi makanan. Yang membawa makanan untuk sodaqoh kepada teman-temannya. 

Kemudian teman-teman yang sudah diberikan sodaqoh, bisa mensedekahkan kembali kepada temannya. 

Konsep berbagi, ketika kita punya lebih, maka lebih baik kita bagi dengan yang lain. Yang kita punya cukup satu makanan saja. Anak-anak berlomba-lomba memberikan makanannya.


Sedikit yang kita punya, yang penting bahagia bisa berbagi bersama teman-teman.

Tantangan saya sebagai orangtua yaitu di rumah juga membiasakan kegiatan seperti di sekolah ini.

Berbagi dengan saudara kandung, tidak rebutan, berbagi dengan tetangga, jika kami berpergian keluar kota, dan tetangga kami melihat kami berpamitan dan biasanya kami ditanya mau pergi kemana.

Pulangnya kami bawakan oleh-oleh sederhana.  Dengan berbagi ke tetangga kami memberikan keteladanan kepada anak-anak kami, apalagi kami meminta bantuan anak kami untuk mengirimkan oleh-oleh tersebut.

Allah Ta’ala berfirman.

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya-mu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”.

[An-Nisaa/4 : 36]

والله أعلمُ بالـصـواب
#hari15
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial




Comments

Popular Posts