Day 14: Ketika Kamu Lahir...

Malam ini sebenarnya mau minta k2 mendongeng dengan buku kesukaannya Cakrawala Pengetahuan Dasar, yang judulnya, "Pak Badru Kebingungan".

Di buku itu, ada pesan moralnya, bahwa persepsi tiap orang itu bisa berbeda-beda. Seru bukunya, gambarnya menarik, lucu, karena Pak Badru, yang teriakan jadi kita tertawa, " LELE DUMBO."

Eh k2 cerita tentang teman-temannya, jadilah saya mendengarkan ceritanya.

K2 bilang, kalau temannya hari lahir dan tahunnya sama, beda bulan. 

Karena K2 bercerita seperti itu saya jadi bercerita tentang hari lahir k2 yang berbeda dua hari dari salah satu teman sekelasnya. Yang kebetulan, ibu dari teman sekelasnya adalah teman saya.

Saya ceritakan ketika masih hamil mendekati hpl, saya mengunjungi teman saya yang baru lahiran. Kemudian saya diijak kakinya oleh teman saya, katanya, "ben ketularan, ndang lahiran."

"Dilalah", dua hari berikutnya saya lahiran.

K2 diceritakan seperti itu, tertawa.

Setelah itu, k2 tanya, memang ada apa buk, kok tanya tentang judul buku Pak Badru Kebingungan? itu ada tiga judul, disebutkanlah sama k2, itu buk, kalau ga salah, "Pak Badru Menjaga BoBin", " Ulang Tahun Pak Badru".

K2 ternyata mengingatnya isi dongengnya beserta meniru sama dengan aksen pengisi suara dari rocket pen, yang bisa mengeluarkan audio untuk buku. "LELE DUMBO."

"Oya ya kak, betul." ujar saya. Ingatan saga kembali muncul karena pancingan perkataabnk2.

Jadilah saya bercerita yang bukan dongeng, tapi menceritakan hari lahir k2. Semoga diterima ya kak untuk tantangan hari ini.

K2 sudah tertidur pulas. Tinggal k3 yang minta dibacakan Pak Badru tadi😄gara-gara saya menyebutkan, "LELE DUMBO."

K2 kemudian BAK, saya sekalian ambilkan buku yang dimaksud, saya nyalakan kembali lampu baca di kamar, dan saya dongengkan k3 kisah Pak Badru yang kebingungan.

Di awali dengan Pak Badru yang bingung mencari kacamatanya, tanpa kacamata itu Pak Badru tidak bisa melihat dengan jelas.

Pak Badru mencari ke sana kemari, dalam pencariannya Pak Badru melihat kejadian-kejadian yang ternyata tidak sesuai dengan persepsinya, persepsi Pak Badru tidak sesuai dengan apa yang terlihat.

Pesan moralnya juga, jangan menilai sesuatu hanya dari penampilan luar, amati dengan seksama.





#Day14
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
#Membangunkarakteranaklewatdongeng


















Comments

Popular Posts