Day 12: Seks and Seksualitas

Sewaktu diskusi mengenai seksualitas, mba Diya melemparkan batu, eh bukan, pertanyaan, he..he..

Pertanyaan dari mba Diya, apa itu seks dan apa itu seksualitas. Pertanyaan itu menurut pendapat saya bagus, karena saya sendiri perlu mempelajari lagi alias kurang dalam pencernaan saya eh maksudnya kemampuan mencerna saya lebih dalam untuk menggali lagi, he...he...

Nah, saya di sini, mau sharing tentang keduanya. Tujuannya agar bisa sambil mengingat-ingat juga.

Dikutip dari sumber link: Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia

Seks adalah perbedaan badani atau biologis perempuan dan laki-laki, yang sering disebut jenis kelamin (Ing: sex). Sedangkan seksualitas menyangkut berbagai dimensi yang sangat luas, yaitu dimensi biologis, sosial, psikologis, dan kultural.

Seksualitas dari dimensi biologis berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin, termasuk bagaimana menjaga kesehatan dan memfungsikan secara optimal organ reproduksi dan dorongan seksual.

Seksualitas dari dimensi psikologis erat kaitannya dengan bagaimana menjalankan fungsi sebagai makhluk seksual, identitas peran atau jenis, serta bagaimana dinamika aspek-aspek psikologis (kognisi, emosi, motivasi, perilaku) terhadap seksualitas itu sendiri.

Dari dimensi sosial, seksualitas dilihat pada bagaimana seksualitas muncul dalam hubungan antar manusia, bagaimana pengaruh lingkungan dalam membentuk pandangan tentang seksualitas yang akhirnya membentuk perilaku seksual.

Dan masih banyak referensi yang bisa kita gali untuk memperdalam pengetahuan. Khususnya untuk saya sendiri.




Comments

Popular Posts