Day 7: Platform Edmodo



Dari sekolah k1, ada mapel yang memberikan kegiatan kreatif dengan menggunakan platform edmodo.

Pengertian Edmodo

     Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang di kembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat di lihat pubik.





Fungsi Edmodo
  1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru / dosen.
  2. Sebagai sarana komunikasi belajar / berdiskusi.
  3. Sebagai tempat untuk ujuan / quiz, dan lain sebagainya.

Kegunaan Edmodo

     Edmodo di rancang untuk membuat siswa / mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. 

Di dalam edmodo, guru / dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa / mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa / mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar di tugaskan / di berikan melalui edmodo dan di simpan dan mudah di akses. Guru / dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa / mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau pefrustasian siswa / mahasiswa.


Kelebihan Edmodo:

1. User Interface
Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Compatibility

Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti : pdf, pptx, html, swf, dan lain sebagainya.


3. Aplikasi
Edmodo tidak hanya dapat di akses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa di akses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.



Kekurangan Edmodo:


1. Social Media
Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun seperti facebook, twitter, atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagi pula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com dari pada edmodo.com.


2. Language
Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.


3. Video Conference
Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.

Sumber:
https://www.google.com/amp/s/aboutgirlsite.wordpress.com/2015/11/02/pengertian-fungsi-kegunaan-kelebihan-dan-kekurangan-edmodo/amp/



Comments

Popular Posts