Aktor India meninggal dunia

Episode Covid-19: hari ke-97: 

Aku tadi pagi buka aplikasi pencarian, ada berita di bawah kolom pencarian, seorang aktor India Sushant Singh Rajput dikabarkan meninggal, diduga bunuh diri karena diduga depresi akibat tuntutan bisnis perfilman di India. Entahlah, tiap negara punya tantangannya sendiri.


Dan aku tahu aktor itu, bukan karena sering nonton film India (beneeerrr, sueeeršŸ¤£)  karena video lagu dari spoiler filmnya lewat di aplikasi media sosial yang aku buka. Gaya aktor dan aktrisnya lucu pakaiannya seperti di tahun 80-an gitu, orang-orangnya cupu. Mau nonton ga jadi-jadi, ketika aktornya dikabarkan meninggal malah jadi beneran nonton dan malah jadi inspirasi tulisan.


Lihat gaya fashion film Chhichhore yang dimainkan aktor mendiang aktor Sushant Singh Rajput ini jadi inget film korea yang judulnya Miss Granny tentang seseorang wanita yang kembali muda karena berfoto di tempat foto jadul.

Gaya fashionnya pakai rok midi gitu.



tapi kalau film korea ini, gabungan gaya retro sama vintage juga sih, walaupun rok midi, tapi warnanya mencolok yaitu merah yang juga dipakai gaya retro, sedangkan gaya vintage lebih cenderung warna soft


Ternyata dari sejarah rok midi, rok itu keluar di tahun 1940-an. Dan jadi gaya busana vintage. Manis-manis gaya busananya.


Aku tuh tau film India di era stasiun televisi muncul selain TVRI yaitu TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) sekarang menjadi MNCTV, tebak angkatan berapa aku tu? He..he... waktu TPI muncul tahun 1991, aku 10 tahun, masih SD, film India itu durasinya dua jam deh sama adegan menyanyi dan menari, seperti film barat jaman dulu, model Singin 'in the Rain atau film Elvis Presley.


TPI awal kemunculannya acara pendidikan lama-lama jadi banyak dangdut dan film India, diplesetin sama netizen waktu itu jadi Televisi Perdangdutan Indonesia, jadi booming dangdut dan sinetron dengan backsound dangdut soundtracknya, wk..wk..wk.


Film India yang sering diputar waktu itu juga termasuk film jadul untuk ukuran tahun 1991, aktornya yang terkenal Amitabh Bachchan, Govinda, Sri Devi film-film mereka ketika masih muda.

Di Indonesia terus terkenal deh istilah-istilah “Inspektur Vijay” yang jadi jagoan “Tuan Takur”, yang jadi orang jahatnya karena filmnya temanya perkelahian, yang ditinju terus bisa terpental puluhan kilometer (lebay,wk..wk..wk).


Film India yang aku tonton 1999 dulu itu ya Kuch Kuch Hota Hai, Sharukh Khan. Booming lah tema yang lain dari film India, tema romantis, anak muda, kekeluargaan tanpa perkelahian.


Film yang baru aku tonton bulan Maret 2019, yaitu film Jodha Akbar dibintangi oleh Aishwarya Rai dan Hrithik Roshan. Padahal film sudah lama, 2008, terus sinetronnya juga sudah lama masuk Indonesia tapi penasaran.



Balik lagi ke aktor yang meninggal itu, aku jadi penasaran kan filmnya, judulnya Chhichhore jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti kurang ajar.


Akhirnya nonton deh, filmnya dua jam, tapi tidak ada adegan menari antara aktor sama aktris hujan-hujanan khas film India banget, walaupun tetap ada adegan nyanyian sambil basah-basahan juga tapi bukan karena kehujanan, karena main air sih.


Jadi balik lagi ke film yang dimainkan oleh aktor Sushant Singh Rajput dari cerita berawal dari sebuah hostel atau asrama mahasiswa teknik di universitas terkenal di India dalam film itu. Ada satu mahasiswa mengajak mahasiswa lain untuk melakukan permainan yang biasa mereka lakukan. Ternyata perang air pakai ember dan situlah lagu sambil basah-basahan muncul di awal film lagi, he..he..he.

Pemain Film

Ternyata itu flashback dari seseorang. Dan cerita berlanjut di masa kini, di mana salah satu mahasiswa itu sudah jadi bapak-bapak bernama Annirudh Pathak "Anni" yang diperankan oleh aktor Sushant Singh Rajput yang menurutku berhasil memerankan tokoh mahasiswa di masa mudanya, mahasiswa baru yang cupu dan canggung kemudian setelah jadi bapak punya satu anak laki-laki bernama Raghav yang lagi galau menunggu hasil ujian seleksi masuk universitas.

Ini Maya yang pintar juga dan anak teknik, jadi incarannya semua mahasiswa teknik sewaktu mahasiswa termasuk Anni, yang katanya Sexa (teman Anni), mahasiswi teknik itu ada tiga kategori dan yang paling keren sebutannya komet hailey,  karena cantik banged dan jarang muncul, iyalah munculnya ajah Komet Hailey, itu 75-76 tahun. Nah seperti Komet Hailey ini si mahasiswi ini bakal jadi idola mahasiswa teknik, di adegan ini munculah Maya, begitu lihat Maya, si Anni sekita jatuh cuiiintašŸ˜

Dikisahkan di masa depan menikahi Maya diperankan oleh artis Shraddha Kapoor. Maya itu pacarnya Anni di masa mahasiswa.

Raghav setelah mengetahui hasilnya tidak lulus bersama temannya di rumah Raghnav karena Raghav anak pintar dan takut disebut pecundang, padahal ada anak yang pintarnya kurang dari dia, tapi lulus.


Aku tuh sudah tebak aja, karena Raghav berdirinya pas di balkon yang tiang balkonnya pendek pake banged, dia dengan posisi membelakangi balkon.




Langsung menjatuhkan diri dari lantai 4 (kira-kira) dan jatuh dengan badan telungkup dan wajah pipi kanan di lantai.

Ini temannya Raghnav yang jadi saksi pas kejadian, kaget terus melongok dari atas ke bawah

Di rumah sakit di vonis pendarahan hebat di otak. Di rumah sakit, hasil konsultasi sama dokter Raghav itu sepertinya sudah tidak punya motivasi hidup, dibanding pasien dokter yang pernah dalam kondisi yang sama tapi masih berjuang dan ingin hidup.


Anni sedih setelah mengunjungi anaknya di ruang ICU dan pulang ke rumah, tiba-tiba teringat pesan dokternya tentang Raghnav yang tidak mau berjuang hidup, seketika itu Anni teringat sesuatu dan membuka laci dan mendapati album masa kuliahnya. Dan dia balik ke rumah sakit menceritakan kisah pengalaman mahasiswanya yang disebut kaum pecundang kepada anaknya yang belum sadar.


Ternyata membuahkan hasil, anaknya sadar. Tapi masih dalam kondisi yang belum stabil. Anni melihat perkembangan dari kisahnya melanjutkan ceritanya kepada anaknya. Dan mulailah menceritakan sahabat-sahabatnya sesama kaum pencundang di hostel alias asrama mahasiswanya dulu. Cerita berkembang dengan hadirnya ke enam sahabat-sahabat Anni, ada Sexa, Acid, Mummy, Raggie, Bevda, Derek memberikan dukungan kepada Anni dan keluarganya terutama untuk anak Anni, Raghav.


Dengan berbagai kejadian yang mereka alami selama di asrama, Anni memandang sahabat-sahabatnya adalah keluarga, tak hanya kuliah, ada kehidupan yang lain di dunia mahasiswa selain belajar, yaitu warna-warni dunia persahabatan, keluarga, bermain. Dan persaingan bukan persaingan dalam meraih angka mata kuliah dan kelulusan. Akan tetapi  yang membuat dunia perkuliahan mereka menyenangkan dan hidup yaitu tentang cinta dan pengorbanan antara sahabat, mengatasi kecanduan miras, pengorbanan terluka karena persaingan dari tim lawan. Susah dan senang mereka lalui bersama.


Mereka adalah sahabat pencundang yang bahagia di dunia perkuliahan. Mereka tetap melanjutkan hidup walaupun mereka mengalami keterpurukan dan kekalahan. Dan beberapa dari mereka seperti diperlihatkan berhasil di dunia kerja, seperti Sexa yang pada waktu ditelfon Anni pertama kali ketika sudah tidak bertemu lama, digambarkan sedang meeting di luar negeri bersama businessman luar.


Film ini menurut aku beda dari film India lainnya, ada kisah romantis juga ketika Anni pedekate alias pendekatan sama Maya tapi tidak pakai adegan hujan-hujanan, basah-basahan, lari-larian di pantai, gunung, atau mengitari pohon, he...he... walaupun ada adegan lari-larian sih, tapi lomba lari, wk..wk...wk. Juga ada adegan menyanyi, walaupun ga banyak pakai rombongan orang sekampungšŸ˜œ


Pelajaran lain dari film ini adalah orang tua yang ingin anaknya sukses dan mempersiapkan hadiah jika sukses, tanpa mempersiapkan jika anaknya mengalami kegagalan, orang tua tidak mempersiapkan apa kepada anak jika anak mengalami kegagalan. Ini diperlihatkan Anni dalam adegan Anni merasa bersalah sama anaknya, Raghnav karena menjanjikan membuka botol yang sudah disiapkan untuk minum wiski bersama. Kalau dia harus memilih maka dia akan memilih anaknya.

botolnya 


Di film ini, aku kira di awal, Anni orang tua single parent karena istrinya belum dimunculkan, hanya fotonya dishoot, aku kira istrinya sudah meninggal, ternyata menikah dengan Maya dan sudah bercerai. Dan aku kira di awal, Anni tidak terlalu menuntut anaknya, karena perhatian sama anaknya, membawakan makan, masak makanan untuknya. Di akhir-akhir Anni curhat sama teman-teman dan ada Maya di sisinya, yang luluh sama rasa bersalah Anni, terus kasih dukungan, kalau Anni sudah menjadi ayah yang baik.

sesi curhat Anni





Tadinya Maya menyalahkan Anni karena sibuk sama kerjaan kantornya. Di film ini, juga teman-teman mereka juga mencari tahu penyebab perceraian mereka, karena mereka adalah teman semasa kuliah. Di kuliah usaha pendekatannya aja gencar. Maya berkata dalam salah satu adegan, Anni yang masa kini, mudah menyerah, ga seperti masa kuliah. Maya bilang masa kini Anni mudah menyerah sama keluarganya.


Kalau aku lihat memang betul sih, masa lalu Anni zaman kuliah, dia yang buat strategi dan menyemangati teman-temannya ketika lomba KU melawan anak asrama H-3.


Akhirnya Raghav operasi untuk menghentikan pendarahan otak meluas kemana-mana. Bagaimana kisah akhir Raghav, berhasilkan operasinya? Dan apa yang terjadi dalam perlombaan antara asrama H-4 dengan H-3? mudah-mudahan ga banyak spoiler ya? bisa ditonton untuk lebih detailnya.

Sumber foto: google





Comments

Popular Posts