Apresiasi yang menyenangkan dari Let's Read Indonesia

Dapat E-mail berisikan e-sertifikat dari Let's Read Indonesia atas partisipasi ku dalam kegiatan penerjemahan buku-buku anak.


Aku mendaftarkan diri menjadi volunteer editor dalam Virtual Translation Sprint 2020, dikutip dari E-mail Let's Read Indonesia yaitu kegiatan "pustaka digital cerita anak bergambar Let’s Read memiliki 600 judul dalam 23 bahasa berbagai negara termasuk bahasa Indonesa (254 judul), Jawa (162 judul), Sunda (55 judul), Minang (81 judul) dan Bali (78 judul).  Kegiatan ini akan mengutamakan penerjemahan cerita-cerita dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.  Semakin banyak koleksi cerita berbahasa Indonesia semakin banyak anak-anak yang mempunyai akses kepada bahan bacaan yang bagus dan semakin banyak anak-anak Indonesia yang senang membaca!"

Pengalaman yang mengasyikan untuk ku. Di mana sesuai dengan potensi dan menyenangkan juga membuat aku menikmati kegiatan ini.

Melakukan penerjemahan sambil membaca juga nantinya bacaan itu akan bermanfaat untuk orang lain, akan dibaca oleh anak-anak di mana pun berada.

Kegiatan ini aku ikuti karena inspirasi dari Ibu Profesional di awal-awal pandemi Covid-19. Dengan tag line nya "Ibu Bantu Ibu, Ibu Lawan Corona".


Volunteer ini juga dalam rangka aku bisa bermanfaat untuk orang lain, menerjemahkan buku anak-anak yang bisa dibaca anak-anak dalam bahasa Indonesia. Aku punya potensi dalam penerjemahan sehingga aku tetap bisa bekerja dan memberikan kontribusi kepada orang lain. Dan berliterasi ini menyenangkan untuk ku.

"Milestone ku pun accomplished"

"Pencapaian penting ku terpenuhi"


"Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba: memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis."

"Dan secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang dimana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis."

Selengkapnya: Literasi

Aku menikmati dunia literasi karena membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi. Selain menikmati berliterasi, aku menemukan kenyamanan dan kedamaian hati.

Berikut ini beberapa manfaat kemampuan literasi yang baik:
  1. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.
  2. Menambah perbendaharaan kata (kosa kata) seseorang.
  3. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.
  4. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.
  5. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
  6. Kemampuan memahami makna suatu informasi akan semakin meningkat.
  7. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.
  8. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang.
  9. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.


Terima kasih untuk Let's Read Indonesia atas apresiasinya☺

Comments

Popular Posts