Belanja Ilmu

Belanja ... Aku suka belanja, perempuan gitu loh, perempuaniawi eh manusiawi maksudnya.

Kamu suka belanja? Perempuan dan laki-laki suka belanja. Karena kalau mau beli sesuatu kan namanya belanja eh membeli ya. Belanja itu dikaitkan dengan banyak barang. Jadi perempuan yang suka belanja banyak. Kebutuhan macam-macam deh. 

Nah yang satu ini spesial dari Institut Ibu Profesional yaitu belanja ilmu. UWU, apa itu, belanja ilmu, betul kok. Karena ilmu yang disediakan banyak banget, alhamdulillah.

Aku sedang berproses menuju langkah selanjutnya dari Bunda Cekatan. Proses mengikuti Foundation 9 ini menjadi langkah yang ku ambil. 

Jadi ikut perjalanan aku belanja ilmu ya di Foundation 9 ini.

Kemudian langkahku diarahkan ke Foundation 9 ini. Menggunakan platform Facebook. Luar biasa tampilannya. Jadi seperti bermain sambil belajar yang menyenangkan yaitu Gamifikasi bertemakan Pasar Ilmu Ibu Profesional.

Aku mulai mencermati satu per satu kemudian mencernanya selangkah demi selangkah terus maju.

Nah tulisan ini, dibuat dalam rangka aku dapat terus melangkah maju. Sebelum melangkah ke perjalanan berikutnya yaitu memulai belanja ilmu. Aku menuliskan persiapan yang aku lakukan. 

Pertama berdoa kepada Allah agar aku dan keluarga ku diberikan ridho, kesehatan, kemudahan belajar, waktu dan kelancaran.

Mohon ridho suami dan juga anak-anak
Menyampaikan apa yang harus ku lakukan. Dan mohon ijin kepada mereka karena aku akan menggunakan gadget untuk belajar. 

Menyimak Grand Opening
Untuk mengetahui garis besar apa tujuan, bagaimana prosesnya, dan harapannya apa dengan Foundation 9 ini.

Mengenal istilah
Nah agar tidak gagal sebuah istilah, terlebih dahulu, aku mempelajari istilahnya, seperti apa yang dimaksud dengan pramuwiyata, unit.






Mempelajari aturan main, pedoman berperilaku Ibu Profesional, Tata tertib, Code of Conduct
Siapa saja (who) yang berperan seperti siapa itu ibu peri, kemudian ada sosok inspiratif, narasumber, apa saja (what) rules dan roles, kapan (when) sesi Founditalk, mengapa (why) dan bagaimana (how) mengenai gamifikasi pasar ilmu ibu profesional ini. 



Mempelajari Denah Pasar
Agar belanja ilmu lebih tenang dan fokus, perlu lah mempelajari dan mengikuti arahan denah, untuk menghindari tsunami informasi juga, karena pasar itu ramai, banyak orang dan ilmu yang digelar, aku bakal bingung kalau ga fokus, juga banyak ilmu yang dishare membuat aku bingung.



Mengetahui Jadwal
Agar waktu produktif dalam belanja ilmu tidak terlalu lama berada di pasar. Dan efektif dan efisien dalam pemanfaatan waktu.




Mempelajari Manajerial Diri dalam Belanja Ilmu
Agar belanja ilmu lebih yakin, aku buat daftar diri dulu  sebagai bekal untuk belanja ilmu dulu, dengan belajar bersama narasumber. 

Sumber foto: Perjalanan dari Dwi Yunita Indah Sari

Menajemen Gadget
agar mampu melewati tantangan dalam menggunakan gadget untuk pembelajaran daring.




Mengikuti, Mengenal dan Mencermati sesi belajar interaktif melalui Foundi Talk agar aku bisa memperoleh insight dari narasumber yang sudah berpengalaman mengamalkan ilmu-ilmu yang akan saya pilih nanti.





Nah, sahabat itu persiapan saya sebelum belanja ilmu, kalau kamu bagaimana?

Oya ini dia tas belanja ilmunya, hadiah dari IP (Ibu Profesional) semakin semangat kuy, belanja ilmu dengan tas ini. 







Sumber gambar: 
Ibu Profesional Facebook

#FoudationIP_9, #Ibu_Profesional, #Pasar_Ilmu_Ibu_Profesional


Comments

Popular Posts