Berjuanglah nak, kau bisa, maafkan ibuk


Maafkan ibuk dengan ilmu yang sedikit bahkan fakir di bidang ini. Tidak mudah segalanya atas tiap langkah yang kau jalani, kamu extra bekerja keras, itu yang akan membekali hidup mu dengan bumbu pelengkap berupa ketangguhan.

Pengalaman menemani anak mempelajari Al-Quran bagi ku adalah perjuangan. Aku pun berproses sambil belajar. Setiap malam kami mengulang-ulang, kau bilang susah, aku bilang semangat, nak. Al-Quran akan membuat hidup mu tenang, Al-Quran akan menjadi pelita dalam langkah mu sekalipun dalam gelap. Dengan Al-Quran kesejukan akan membuat mu nyaman. Al-Quran akan selalu membuat otak mu terstimulasi. Itu yang aku katakan pada anak-anak ku, dari sebuah kalimat yang terucap dari narasumber parenting yang aku ikuti lewat Spirit Nabawiyah Community.

Aku memohon kemudahan pada Mu Ya Allah, Rabbuna. Hiasan hari dan hidup kami dengan cahaya Al-Quran. 

Membersamai anak-anak dengan Al-Quran memang menjadi kebutuhan di keluarga kami, Al-Quran menjadi petunjuk kami untuk menghidupkan semangat belajar dan tumbuh serta menguatkan akidah.

Allaj subhana wa ta ala telah menjamin bahwa mempelajari Al-Quran itu mudah.

Quran Surat Al-Qamar Ayat 17

 وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ 

Wa laqad yassarnal-qur`āna liż-żikri fa hal mim muddakir

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) 

Sungguh Kami telah memudahkan lafazh al-Quran untuk dibaca dan dihafal, serta memudahkan makna-maknanya untuk dipahami dan direnungkan, bagi siapa yang ingin memahami dan mengambil pelajaran. 

Adakah orang yang mengambil pelajaran? 

Dalam ayat ini dan ayat-ayat lain yang serupa terkandung dorongan memperbanyak membaca al-Quran, mempelajarinya dan mengajarkannya.

Referensi: tafsir

Selain kami yang mengulang-ulang bersama anak-anak karena intensitas orang tua lebih bisa luwes berinteraksi dengan anak. Kami pun sepakat memanggil guru privat ke rumah.

Jika Allah sudah menjamin maka itulah janji Allah.

Tentu saja tiap hamba Allah tantangannya diberikan yang berbeda-beda sesuai kemampuannya.

Kami, Ayah dan Ibuknya bisa baca Al-Quran, Ayah lebih mumpuni dibanding si ibuk ini. Dan ibuk pun senantiasa berproses, berbenah diri agar semakin pantas di hadapan Allah dan layak mendapat ridho-Nya.

Kami diberikan tantangan berliku, tak mulus dalam membersamai anak dengan Al-Quran, tapi kami yakin Allah sudah menetapkan mereka kepada kami sebagai amanah sesuai porsi terbaik kami agar kami ikhtiar berusaha memberikan semangat kepada anak-anak. 

Maka dari itu tiap orang tua punya tantangan yang berbeda.

Ada orang tua yang belum bisa baca Al-Quran anaknya sudah bisa baca Al-Quran dengan tartil bahkan dan ikut lomba di mana-mana, itu hidayah.

Allah memberikan tantangan yang berbeda kepada orang tua agar senantiasa berproses bersama anaknya. Allah menitipkan hidayah dari Anaknya kepada orang tuanya.


Sumber: Youtube  Channel RCTI


Aku berikan video tentang Hafiz Quran yang dikaruniai Allah dengan keistimewaan, agar membuatnya terinspirasi. Dan aku berhasil menguras emosi nya, anak ku menangis melihat tayangan itu, aku menyentuh anak yang memiliki empati sosial yang luar biasa ini.

Semoga Allah meridhoi.


Itulah pengalaman ku dengan anak-anak, menyenangkan sekaligus menenangkan  prosesnya panjang, hingga saat ini pun masih berjuang, melelahkan, karena Lillah.

Comments

Popular Posts