Cinta itu akan Tumbuh


Tepuk semangat sebagai booster kakak 3 atau K3. Yup, kalau menemani K3 murojaah itu mengalami saat turun semangatnya. Untuk menyemangati K3, si ibuk belajar dari video tepuk yang dikirim gurunya. K3 akan kembali. Dan itu aku ulangi jika semangatnya turun. 

Menemani murojaah di usia yang fokus konsentrasinya masih sedikit sungguh tantangan sekali bagiku. Doaku semoga Allah meridhoi ikhtiarku. Semoga K3 mencintai Allah dan Al-Quran serta tumbuh menjadi pribadi yang baik berkarakter aqidah yang kokoh.

Sesuatu hal yang diperkenalkan dan diulang-ulang dengan cara yang menyenangkan akan lebih diterima otak dan hati.

Sebagai contoh lagu yang kita suka, diperdengarkan berulang-ulang terus sampai sekarang hafal.

Untuk Al-Quran doa terbaik yaitu untuk menggapai ridho Allah, kemudian aku coba menciptakan suasana yang menyenangkan agar K3 menikmati.

Setiap hari agar tercipta waktu yang konsisten untuk K3 beradaptasi. Dan aku diperlukan karena diperlukan keterlibatan orang tua sebagai teladan dan contoh untuk ditiru anak dan diamati. Aku pun bisa ikut belajar dan mengulang-ulang untuk hafalan ku sendiri.

Dan bantuan dari guru mengaji berupa kunjungan seminggu sekali dan video murojaah dan tepuk semangat serta pelatihan motorik.



Menurut Anggia Chrisanti, konselor dan terapis di Biro Konsultasi Psikologi Westaria.

“Pada dasarnya proses menghafal menggunakan prinsip copying atau meniru. Banyak anak yang nbicara pun belum jelas, tapi hafal lagu-lagu Barat. Jika dilakukan terus-menerus, berkesinambungan, dan konsisten, semua hal bisa dihafal,” urainya.

Anggia kembali mengingatkan, anak akan lebih mudah menghafal, jika aktivitas ini diterapkan secara menyenangkan. “Teori menjelaskan, emosi positif (cara, situasi, dan hal yang disukai dan menyenangkan) 85 persen akan mudah masuk ke otak, disimpan di otak kanan yang sifatnya jangka panjang. Itu sebabnya kita masih bisa mengingat lagu-lagu jadul tahun 90-an bahkan 80-an sekalipun. Karena lagu sifatnya menyenangkan untuk didengar,” ujarnya.


Ada yang bilang "jangan menekan anak, kenalkan dan ajari dengan cara yang menyenangkan agar timbul kecintaan tanpa paksaan."

Jika sudah cinta, akan terus menyenangi dan menikmatinya ketika dewasa akan tumbuh kebutuhan dengan sendirinya didasari rasa cinta yang akan terus mengakar dalam diri.




Comments

Popular Posts