Angka dan Logika


Buku yang pada hari ini aku baca yaitu buku berjudul Permainan Angka dan Logika (Aneka Aktivitas untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia 3-5 tahun (PAUD), penulisnya Suminaring Prasojo, Diva Press, 2010, Jogjakarta. Buku setebal 181 halaman.

Buku yang mengupas dunia angka dan logika untuk anak melalui permainan yang menjiwai isi buku ini, menemani anak dengan perhitungan dan logika dengan cara bergembira dan menikmatinya untuk membangun rasa percaya diri anak, melalui permainan anak-anak belajar tentang dunia,   mengutip penulis.

Entah apa??? (nyanyi bu?, he…he…)

Entah apa yang merasuki ku? hingga kau membeli buku ini. Dirasuki sosok kepo, rasa ingin tahu ku. Aku mendapatkan buku ini dari pameran buku di kota kami.

Buku ini terdiri dari delapan bab. Bab satu akan dibawa menghitung dan mengukur, ada 20 jenis permainan untuk usia mulai tiga tahun sampai empat tahun.

Contoh permainan menghitung dan mengukur yaitu temukan angka untuk anak mulai usia tiga tahun. Dengan menggunakan bahan yang mudah dijumpai di rumah seperti kertas bekas atau buku bekas, dan menulis di sehelai kertas kemudian anak dapat melihat dan memegang kertas tersebut, misalnya angka delapan, dan ketika sambil keluar rumah melihat plat mobil atau motor dengan nomor yang tertera di kertas tadi, tunjuk persamaan dengan angka yang tertera di kertas.

Atau membuat kue dengan potongan angka, atau menyanyi lagu atau kisah yang melibatkan angka.

Ada lagi permainan untuk pola dan urutan ada di bab empat, membuat cap tangan warna-warni dengan cat air yang aman kemudian cap tangan yang telah diberi pewarna di kertas setelah kering, tuliskan angka 1 sampai 20.

Di bab 7, anak diberikan permainan mencari sesuatu yang berbeda, contohnya untuk anak usia mulai 4 tahun, buat daftar benda dan dikelompokkan menjadi kelompok yang sama misalnya, motor, mobil, kapal, pesawat, kereta, bola, atau kucing, sapi, angsa, boneka, ayam. Mintalah anak mengenali satu benda yang berbeda. Menurut buku tersebut fungsi permainan ini bertujuan untuk menyertakan aktivitas visual dan verbal yang akan membantu anak melatih kekuatan berpikir logis nya.

Buku ini menurut ku bisa menjadi inspirasi kegiatan membersamai anak di rumah di tengah pandemi ini. Agar anak bisa senantiasa bergembira dan ceria walaupun di rumah saja dengan aktivitas yang beragam dan bermanfaat untuk perkembangan tumbuh kembangnya.

Comments

Popular Posts