EnSexclopedia


Buku yang aku baca untuk hari ini, masih tentang remaja, yaitu “EnSexclopedia”, Tanya Jawab Masalah Pubertas & Seksualitas Remaja, buku yang ditulis oleh Elly Risman, Hilman Al Madani, Yuhyuna Maisura, diterbitkan Yayasan Buah Hati.

Buku ini aku dapat Ketika mengikuti talkshow parenting bersama keluarga Elly Risman, tahun 2018, ada 119 halaman.

Buku ini bisa dibaca oleh si anak juga orang tua.    Lebih bagus lagi, sambal dibahas atau dibedah, diobrolin bersama, cover lumayan tebal dan glossy kertas nya, disertai dengan ilustrasi bergambar. Terdiri dari 10 Bab, tentang puber, organ reproduksi, buat anak laki-laki, buat anak perempuan, kupas tentang menstruasi, tentang kesehatan dan kebersihan tubuh, soal pacaran, seks, seksualitas dan perilaku seksual, kondom, penyakit menular seksual akibat gaul kelewat batas.

Buku ini menjadi pelengkap dan menambah wawasan kami secara sehat. Untuk hal ini, buku ini juga aku berikan kepada suami untuk dibaca bersama dan amanah suami menyampaikan Kembali kepada anak laki-laki ku.  

Ada juga jika ada pertanyaan ada orang yang sering melakukan hubungan seks tapi kok ga hamil ya, akibat pergaulan bebas, pertanyaan bagaimana pasangan suami istri bisa mendapatkan anak yang dibahas di bab seputar reproduksi. Di seputar reproduksi juga dijelaskan zat-zat berbahaya pada masa kehamilan, kalau menurut ku, baik sekali dibaca anak, anak-anak akan mengerti tentang jerih payah seorang perempuan yang mengandung ketika hamil, meningkatkan empati di usia balig. Juga tentang bayi premature, bayi tabung, keguguran.

Bab tentang seks, seksualitas dan perilaku seks, dimulai dengan apa yang dimaksud dengan seks, seksualitas, perkawinan, hubungan seks itu berbahayakah, mengapa seks hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah menikah saja, sampai mengapa ada wanita tuna Susila yang mau berhubungan seks tanpa menikah, apa semua orang harus melakukan seks, dan pertanyaan-pertanyaan ini dijawab dengan sangat apik dan untuk anak usia 12 ke atas menurut saya paham dengan jawaban yang diberikan.

Dan di bab ini juga dijelaskan mengenai hal-hal yang dapat merangsang, masturbasi, pornografi sampai mengenai kekerasan seksual dan perkosaan.

Menurut ku buku ini membantu ku dan suami sebagai orang tua yang kebingungan untuk memulai dari mana obrolan di bidang ini, tentang fitrah seksualitas di usia balig. Isi bukunya juga sesuai judulnya, kamus yang berisi penjelasan yang memudahkan kami menyampaikan kebutuhan ini secara tepat.


Comments

Popular Posts