Peace of Heart: Sepotong Hati

Aku ikutan lagi, menjadi relawan penerjemahan teks cerita anak dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Aku senang sekali mendapatkan kesempatan ini. 

Alhamdulillah ilmu ku bisa bermanfaat.

Tantangan yang aku hadapi yaitu aku harus memilih padanan kata yang tepat yang dapat dimengerti oleh anak karena yang membaca adalah anak-anak.


Pada suatu hari, ada keluarga burung bangau dan keluarga burung gagak, keduanya pindah ke sebuah pohon besar di hutan. Kedua keluarga burung itu khawatir, mereka akan berakhir dengan memperebutkan tempat tinggal di pohon besar itu.

Ketika induk kedua anak burung pergi mencari makanan, anak bangau dan anak gagak tinggal di rumah. Keduanya langsung berteman!

 

 

Kedua anak burung itu bertualang bersama di hutan. Tiba-tiba, kedua anak burung itu bertemu seekor gajah dan singa yang sedang berpapasan di jalan sempit. Kedua anak burung itu berpikir gajah dan singa akan saling menyerang, tapi gajah dan singa berjalan ke arah masing-masing. Kedua anak burung itu terpesona.

 

 

Gajah itu menjelaskan, “Kami memiliki kekuatan yang sama, tapi makanan kami berbeda, jadi kami tidak perlu berkelahi. Kami mempersilakan masing-masing lewat, walaupun jalan itu sempit.”

 

Kemudian, saat beristirahat, kedua anak burung itu mendengar suara. Seekor induk kucing sedang memberikan susu ke seekor bayi tikus.

Induk kucing itu berkata, “Aku kehilangan anak ku dan bayi tikus ini tidak memiliki induk. Ini cara ku menolong sesama.

 

Petualangan semakin jauh, kedua anak burung itu melihat seekor anjing. Apa yang sedang anjing itu lakukan? Anjing itu sedang memberikan makanannya kepada seekor kucing kecil.

Anjing itu menjelaskan bahwa makhluk besar seharusnya bersikap baik kepada makhluk kecil.

 


Kedua anak burung itu senang sekali dengan pengalaman ini! Keduanya menyadari bahwa makhluk dengan kekuatan yang sama tidak perlu berkelahi. Semua makhluk seharusnya membantu sesama. Dan makhluk besar seharusnya bersikap baik terhadap makhluk kecil. Mungkin saja keluarga kedua anak burung akan lebih bahagia jika keduanya mencoba pengalaman ini! Kedua anak burung itu tidak sabar menceritakan kepada orang tua mereka.

Keluarga bangau dan keluarga gagak mulai mengikuti ide dari pengalaman kedua anak burung itu. Sekarang, kedua keluarga itu bersatu dan hidup bahagia bersama di pohon besar itu.

 

Pertanyaan:

1. Apa yang kedua keluarga burung itu khawatirkan?

2. Apa yang telah gajah, kucing dan anjing katakan?

3. Apa yang telah kedua anak burung itu sadari?

4. Apa tiga hal yang kamu ingat dari cerita itu?

 


 

The Third Story Project, sebuah upaya kolaborasi antara Storytellers Myanmar dan Benevolent Youth Association (Yangon), menciptakan dan memproduksi buku anak-anak dalam bahasa Myanmar dan bahasa Myanmar lainnya untuk mendistribusikan secara gratis kepada anak-anak di sekitar Myanmar. Kisah-kisah tersebut ditulis dan diilustrasikan oleh seniman Myanmar untuk audiensi Myanmar dan membahas masalah perdamaian, toleransi, keragaman, jenis kelamin, lingkungan dan hak-hak anak.


Sumber:

https://letsreadasia.org

Comments

Popular Posts