Usaha Produk Kulit

Kali ini aku mau mereview, Ipedia Berdikari yang menghadirkan perempuan-perempuan mandiri. Berdikari episode 13 tentang Asha Leather, Garut, Jawa Barat, Nurrisbayanti Ruhiyantina, yang ditayangkan 16 Oktober 2020, ditemani host kak Setiorini.

Kak Nurris tahun 2016, memulai usahanya, akan tetapi sudah mengetahui proses pembuatan sepatu dan sandal dari kecil, orang tuanya sudah berkecimpung di usaha tersebut di tahun 1991. Tahun 2018, produk meluas menjadi tas dan dompet.

Kak Nurris memulai usahanya tidak direncanakan sama sekali, karena keterpaksaan, setelah menikah ikut suami, punya anak satu dan belum punya pekerjaan, kemudian membantu orang tua, belajar lebih dahulu, kak Nurris mengerjakan sendiri dan belum ada pegawai, mendesain sendiri. Awalnya menerima pesanan dari buyer (pembeli) kemudian tahun 2018 kak Nurris memutuskan membranding sendiri. Hal ini merupakan keterpaksaan yang membahagiakan.

Bisnis ini adalah bisnis keluarga, Bersama paman yang merupakan supplier dan ada juga paman lain yang pengrajin.

Untuk desain ada yang buat sendiri dan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) 70%.

Penjualan saat ini, di masa pandemi, sangat besar dari online 75% dan 15-20 % offline. Kak Nurris membuka reseller, dengan syarat dan ketentuan. Untuk yang belum punya modal, membuka peluang menjadi marketer, tidak harus stock barang modal foto.

Permintaan customer paling banyak adalah alas kaki, karena berbeda dengan kompetitornya, seperti kulitnya yang berbeda dari kompetitor. Yang membedakan kulit terjamin baik itu kalau dipegang lentur, tidak mudah kikis dan semakin disimpan akan semakin lentur dan enak dipakai setelah satu dan dua tahun kemudian. Pembedanya solnya yaitu PPC, 70% karet. Alas kaki dijatuhkan ke lantai jika karet maka tidak mudah licin, keset.

Range harga sepatu berkisar Rp. 175. 000 – Rp. 350.000, tas Rp. 30.000 – Rp. 1.000.000, semakin banyak kulit yang terpakai, semakin mahal, per 28-28 cm. Untuk sisa-sisa kulit (perca) atau limbah, untuk gantungan kunci atau hiasan di tas.

Untuk melihat sepatunya, bisa cek di sini https://toko.ly/kipmarket/home

Di Garut menjadi pionir di produk kulit ini, harga yang terjangkau dengan kualitas yang terjamin. Dan saat ini memiliki tantangan dengan bermunculan kompetitor lain yang membuat kak Nurris senantiasa berinovasi dalam berkarya.

Modelnya lucu-lucu dan kekinian, testimoni dari pemirsa Ipedia.

Dan tayangannya belum selesai loh, selengkapnya bisa dinikmati di sini Usaha Produk Kulit

Comments

Popular Posts