Talents Mapping 17 Tahun

Talents Mapping (TM) Basic

10 Januari 2021, Talents mapping berusia 17 tahun. Dan beberapa senior yang sudah lama mendalami dunia talents mapping ini berkumpul di zoom. Dan aku tentu saja kepo, ingin mengetahui pemikiran dan pengalaman dari para senior yang sudah lama menekuni bidang ini.

Aku mengikuti Talents Mapping (TM) Basic selama tiga hari di bulan Juli 2020. Masa pandemi dan juga bisa berkesempatan belajar secara online, walapun secara greget berkurang. Tapi menurut ku feel nya dapat juga.

Selain mendapatkan hasil dari 5 tahap assessment diri sendiri, aku juga belajar mengkomunikasikan kepada peserta yang ingin melakukan tes ST30 mulai dari tahap awal pengerjaan juga  di setiap sesinya para siswa ditantang untuk mengemukakan analisanya mengenai hasil assessment seseorang baik itu dari keluarga maupun teman-teman.


Tantangan

Ada tantangan lain, yaitu memperkenalkan diri sesama peserta sambil menyampaikan tiga bakat teratas masing-masing.

Aku mengenal talents mapping dari seorang teman yang mengajak ku tes sekitar tahun 2016, karena aku belum mengenal dengan baik talents mapping ini juga faktor punya balita berumur setahun serta sekitar dua setengah jam dari kota ku untuk menuju tempat tes tersebut jika jalan lancar, niat ku pun belum terlaksana.

Ibu Profesional

Kemudian sekitar tahun 2017, aku ikut komunitas Ibu Profesional barulah di sana, bertambahlah info mengenai talents mapping ini.

Talents mapping ini memiliki hubungan dengan parenting, bagaimana orang tua memiliki portofolio anak ketika mendampingi anak-anak mengeskplorasi hal-hal di sekitarnya, melihat 4E (Enjoy, Easy, Excellent, Earn), melihat anak menikmati, dan mengerjakan dengan mudah, hasilnya bagus serta bahkan mendapatkan pendapatan.

Karena talents mapping ini bermanfaat untuk mengenali bakat anak dengan memberikan kegiatan untuk mereka eksplorasi kemudian memetakan bakat, mengasah bakat yang menjadi kekuatan anak-anak.

17 Tahun Talents Mapping

Oke, kembali ke acara zoom di malam Ahad tanggal, 10 Januari, acara dimulai jam 19.30 WIB dihadiri juga oleh Abah Rama (Ir. Rama Royani), Abah kemudian membagi awal terbentuknya Talents Mapping ini, dengan menceritakan kisah-kisah dimulai tahun 2001-2020.

Perjalanan

Di tahun 2001, yang bermulai dari kuliah SWOT Abah untuk organisasi di depan mahasiswa ITB, kemudian ada mahasiswa yang bertanya, bagaimana jika Analisa itu diterapkan pada pribadi?

Dan di tahun 2002, Abah menggunakan analisa dari Gallup.

Acara ini juga dalam rangka launching komunitas Santri TM Menulis dan  buku cermin yang berisi pengalaman dalam bertalents mapping.

Pada akhir tahun 2005 ada dua event yang membuat Abah gentar yaitu HR Forum & AW, yang ikut para direktur dan manager HR dengan ilmu yang dibawa Abah, dengan memberikan hasilnya langsung di acara. Dan peserta tidak ada yang bertanya dengan hasil yang mereka dapatkan, entah mereka kagum dengan hasilnya cocok. 

BBPT ngomongin kompetensi dan Abah membicarakan bakat. Melakukan assessment kepada seluruh pegawainya, dan divalidasi, dan BBPT mulai jualan, masuk pasar, dan dari sana Abah mengikuti pameran.

Dari urutan bakat bisa menjadi laporan organisasi, dinamakan profiling. Semua tools organisasi berawal dari kebutuhan organisasi. Kemudian juga dikenal PPM Manajemen, ITB, Sinergi,  BUMN, dan meluas kemana-mana tanpa Abah Rama harus menjual. Meluas kemana-mana dikarenakan manfaat yang dirasakan semua orang hingga 2021.

Sharing

Selain acara sharing talents mapping Abah Rama dari tahun ke tahun sampai saat 2021 ini, juga sharing bersama senior tentang minat anak.

Ada sesi Tanya jawab yang dijawab oleh senior yang berpengalaman seperti Diena Syarif dan tentu saja Abah Rama. Misalkan, apakah bisa berubah minat dan bakat? tergantung simulasi anak minat dan bakat, sudah banyak melakukan banyak dan kegiatan dan sudah menemukan bakatnya biasanya tidak berubah. Jika belum ada banyak kegiatan, bisa berubah. Intinya adalah aktivitas dan pengalaman yang difasilitasi orang tua sesuai strength clusternya sehingga orang tuanya bisa lihat dimana easy dan excellentnya si anak.

Itulah sharing yang didapat dari event ini, semoga bermanfaat.

 

 

Comments

Popular Posts