Zenkamono

 


Dorama: Drama Jepang: Zenkamono (2021)

Profile

❤️  Drama: Zenkamono

❤️ Romaji: Zenkamono

❤️  Japanese: 前科者

❤️ Director: Yoshiyuki Kishi

❤️  Writer: Masahito Kagawa (manga), Toji Tsukishima (manga), Yoshiyuki Kishi

❤️  Network: WOWOW

❤️  Episodes: 6

❤️ Release Date: November 20 - December 25, 2021

❤️  Runtime: Saturday 22:30

❤️ Language: Japanese

❤️  Country: Japan


Notes

       Based on manga series "Zenkamono" written by Masahito Kagawa & illustrated by Toji Tsukishima (first published December 20, 2017 in manga magazine Big Comic Original).

Cast

❤️ Kasumi Arimura - Kayo Agawa


Sumber: Profile Zenkamono



Big Why

Kenapa dorama ini, karena temanya unik menurutku, tentang seorang petugas percobaan, pejabat pemerintah yang bekerja paruh waktu untuk membantu merehabilitasi narapidana dalam masa percobaan dan kenakalan remaja. Jenis pekerjaan sipil sukarela, tanpa keuntungan uang, bernama Kayo Agawa.


Kasumi Arimura

Nah, aku respect sama aktris Jepang Kasumi Arimura, sudah banyak berperan di layar lebar dan kaca.

Kasumi Arimura juga memerankan karakter Tomoe Yukishiro dalam adaptasi Rurouni Kenshin. Aku baru nonton yang pertama, yang kedua yang ada Kasumi-nya belum.

Dilansir dari duniaku.idntimes.com, Kasumi juga terkenal melalui perannya sebagai sosok Sayaka Kudo, karakter yang diadaptasi dari kisah nyata mahasiswi Sayaka Kobayashi di dalam adaptasi film Flying Colors alias Biri Gyaru di tahun 2015. Peran ini membuatnya memenangkan penghargaan Pendatang Baru Terbaik di 39th Japan Academy Prize.

Film Flying Colours aku juga sudah nonton, inspiring dan ada hikmahnya. 


Zenkamono

Di awal-awal ada lintasan flash back-nya Kayo ketika dia ditanya alasan jadi petugas percobaan sama orang yang pertama kali menjadi kliennya.

Episode pertama dan kedua, bercerita tentang Kayo bekerja mengawal seorang perempuan bernama Midori Saito, dalam masa percobaan karena kejahatan pemerasan dan penganiayaan. Dan Midori Saito adalah kasus pertama dari Kayo Agawa. Nah Midori Saito ini nantinya jadi berhubungan baik dengan Kayo.

Sedangkan episode ketiga dan keempat, Kayo bekerja mengawal seorang laki-laki dalam masa percobaan dengan kejahatan membunuh.

Sedangkan episode kelima dan keenam, perempuan yang dalam masa percobaan karena pencandu dan pekerja seks komersial, bernama Tamura.

Tamura menolak dibebaskan karena tinggal di penjara akan membantu berhenti selamanya dari kecanduan.

Sebelum lanjut, Nona Kayo ini bekerja sebagai relawan di Divisi Pertama Observatorium Pelindung Tokyo, dengan Naoji Takamatsu sebagai Inspektur Perlindungan yang memberi tugas dan arahan ke Nona Kayo, sesuai peraturan. Kayo Agawa melaporkan interaksi dan kegiatan bersama napi yang bebas bersyarat kepada Naoji Takamatsu.


Sumber: Zenkamono 

                          Sumber: Zenkamono 

Kayo Agawa selain menjadi relawan napi yang bebas bersyarat juga bekerja di minimarket. Dia juga membuatkan mangkuk daging sapi untuk kliennya ketika keluar dari tahanan. Ini merupakan treatment untuk kliennya. Ice breaking ala Kayo Agawa untuk kliennya. Treatment lainnya kupon di pemandian umum.

Pekerjaan sebagai relawan percobaan bersyarat, tugas Kayo mewawancara berkaitan dengan kasusnya, bukan mengejar pertanyaan untuk keuntungan petugas agar cepat selesai tugasnya menunggu kliennya bercerita sendiri.

Lanjut lagi ya ke Tamura, setelah bebas Tamura menemui Nona Kayo di rumahnya dengan ragu dan takut. Nona Kayo menemuinya dengan ramah. 

Nona Tamura bekerja sebagai pelayan di masa percobaannya. Ketika sedang bekerja terjadi sesuatu. Dan membuat Tamura menceritakan masa lalunya kepada Kayo.

Sementara itu Inspektur Perlindungan, Naoji Kamatsu, mengingatkan Kayo Agawa akan tidak bertindak berlebihan.

Kerja relawan, ga digaji dan berbahaya pula berinteraksi sama mantan napi. Kok berani? kok kuat sih? Manusia bukan sih? Malaikat nih?

Di awal-awal pun Inspektur Naoji Kamatsu sudah mengingatkan tidak terlalu mencampuri urusan pribadi mantan napi itu. 

Akan tetapi prakteknya Kayo Agawa menemui tantangan.

Dan tantangan-tantangan juga cara menyelesaikannya, konflik di dalamnya, kejutan mengikuti alurnya, asyik diikuti, ada pelajaran dibalik tiap kisahnya.

"Jika anda gagal, Anda bangun dan mencoba membantu orang berikutnya, jangan takut gagal." - Midori Saito, Zenkamono

 


 

 

 

Comments

Popular Posts