Melangkah


Nice Home Work

Aku teringat Matrikulasi Bunda Sayang, tahun 2018. Ada NHW (Nice Homework) ke-9, tentang Bunda Sebagai Agen Perubahan.


Dijelaskan jika bunda sudah menemukan passion ada di ranah mana, selanjutnya mulai melihat isu sosial di sekitar. Belajar membuat solusi terbaik di sekitar keluarga dan masyarakat.


Passion + Emphaty = Social Venture


Passion ku itu di bidang literasi. Aku ingin membuat kegiatan literasi di rumah untuk anak-anak sekitar ku.


Aku mulai membuat kerangka ide, dalam bentuk tabel.


Agustus 2020

Tahun 2018 ide kegiatan ku masih dalam bentuk tabel. Akhirnya pada tahun 2020, bulan Agustus ide itu terlaksana.


Pertimbangan karena buku di rumah sudah cukup menjadi bekal membuka perpustakaan mini. Dan juga ada sebuah quote, "It takes a village to raise a child."


Ide membuka perpustakaan mini itu dengan mengajak anak-anak di lingkungan sekitar rumah untuk bergabung kegiatan literasi.


Kegiatan diawali dengan berbagi nasi kuning ke tetangga sekitar sebagai bentuk rasa syukur sambil mengenalkan dan mengajak orang tua agar ikut mendukung kegiatan ini.


Kegiatan Perpustakaan Mini

Kegiatan perpustakaan mini pun sampai sekarang masih berlanjut. Sepekan satu kali, dengan kegiatan bervariasi, dance mengikuti gerakan dan musik melalui tayangan video di komputer, life skill, seperti membuat jus jambu, membuat kreasi origami, mewarnai, kelas bahasa Inggris dan matematika, membuka konsultasi belajar. Dan kegiatan tetap seperti read a loud, peminjaman dan pengembalian buku.


Ada group WhatsApp untuk Orangtua yang anak-anaknya rutin mengikuti kegiatan, di group itu di share laporan kegiatan seperti lesson plan dan foto serta video kegiatan.


Teras Baca

Perpustakaan mini  yang kemudian kami namakan teras baca, karena kegiatan dilaksanakan di rumah pengelola.


Kolaborasi

Pada bulan Januari 2022, teras baca kedatangan tamu CSR (Corporate Social Responsibilty) dari PT. PNM (Permodalan Nasional Madani) Pati, mengajak teras baca berkolaborasi menjadi ruang Pintar PT. PNM.


Sebagai pengelola teras baca dan ruang Pintar diberikan kebebasan materi literasi. PT.PNM memberikan satu set peralatan komputer, empat buah meja lipat dan dua alas lantai. Dalam jangka waktu enam bulan, teras baca akan dievaluasi mengenai kelanjutan kegiatan kolaborasi ini.


Tepatnya 19 Januari 2022, kegiatan kolaborasi diresmikan. Hadir dalam acara ini Ibu Endang Sri Mulyani, M.M (Kasi. Pembinaan PAUD dan DIKMAS) dan  Ibu Endah (Seksi Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.


Juga Bapak Ade selaku Pimpinan PT. PNM Mandiri, Pati dan jajarannya. Bapak Rustam, CSR (Corporate Social Responsibilty) PT. PNM Mandiri, Pati.


Turut hadir perwakilan kelurahan Pati Lor dan BABINSA (Bintara Pembina Desa) juga  Bapak Suntoro, Ketua RT. 6/3 Randukuning, Pati, mewakili kami, memberikan sambutan.


Perijinan Pendirian Taman Baca

Aku pun mengobrol dengan Ibu Endang, Ibu Endang menyampaikan agar teras baca berjalan baik dan resmi, melakukan perijinan di Dinas Pendidikan.


Aku pun menuju Dinas Pendidikan dan berkonsultasi mengenai syarat administrasi pendirian Taman Baca. Bertemu dan mengobrol dengan personal in charge di sana.


Dan beberapa persyaratannya sebagai berikut:



Meluaskan Manfaat

Aku lakukan agar teras baca ini menjadi taman baca yang dikenal luas oleh warga baik tingkat RT/RW/Kelurahan hingga seluruh kabupaten Pati.


Harapan dan Doa

Semoga dengan kolaborasi Ruang Pintar dengan teras baca kami, juga adanya perijinan secara resmi menjadi penyemangat untuk berproses semakin baik lagi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar bermanfaat lebih luas dalam bidang literasi dan pendidikan. Aamiin ya rabbal'alaamiin.


Selangkah Lebih Maju

Dengan teras baca ini, aku sudah memulai langkah ku dan juga terlaksana apa yang sudah dibuat di HNM#9 Matrikulasi Bunda Sayang. Berproses hari demi hari, menghadapi tantangan, dengan solusi yang baik. Maju selangkah lagi.

Comments

Popular Posts