Siapa "Demam" Film Survival?



Genre Survival

Film bergenre survival adalah film bertemakan perjuangan bertahan hidup, menegangkan, ada juga yang bikin gregetan, penonton dibuat penasaran, akhir dari film tersebut. Demam pun menyebar dari penggila film-film survival ini


Drama Seri

Berikut ini beberapa drama seri bertemakan survival, yaitu:

The Walking Dead

tika seri The Walking Dead, aku tonton pertama kali di tv berbayar, aku penasaran dengan kelanjutannya. Saat ini seri The Walking Dead sudah memasuki musim ke-11. Film ini mengisahkan tentang orang-orang yang bertahan hidup dari serangan Zombie juga sekelompok orang jahat yang ingin merampas makanan dan membunuh, pengkhianatan, juga konflik di antara masing-masing survivor.

Squid Game

Drama seri Korea Squid Game (2021) yang beberapa purnama jadi perbincangan, termasuk bergenre survival. Demam Squid Game juga melanda media sosial untuk dijadikan meme.

Alice in Borderland

Drama Jepang yang tayang di Netflix bertema genre survival game atau challenge yaitu Alice In Borderland (2020). Bedanya dengan Squid Game, pemain utamanya tiga orang. Suatu hari mereka di Sibuya yang ramai orang. Ketiganya masuk ke toilet umum. Selanjutnya, tidak terdengar suara bising di luar. Ketika mereka sudah keluar kamar mandi itulah, diundang untuk kajian.


Film

Hunger Games

Film fenomenal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat bertemakan survival dalam bentuk permainan , The Hunger Games (2012).

Pemilihan satu laki-laki dan satu perempuan sebanyak 12 distrik, dikirim ke Capitol (negara).

Aku nonton ini suka ketika Katniss Everdeen (Jenifer Lawrence) bertahan hidup dan melawan dengan mempergunakan panahnya. 

Para pemain dalam film Hunger Games ini dipilih setelah diundi, dipilih satu laki-laki dan satu perempuan. 

Tadinya adiknya Katniss yang terpilih, akan tetapi Katniss mengajukan diri menggantikan adiknya. 

Kemudian terpilih Petta Mellark dari pihak laki-laki. 

Hubungan Katniss dengan Petta Melark dari awal benci, kemudian saling menolong dalam lomba, berlanjut tumbuhnya benih cinta di antara mereka karena juga senasib sepenanggungan, padahal Katniss Everdeen sudah punya pacar.

Divergent (2014)

Perjalanan survival Tris (Shailene Woodley) dengan Four (Theo James) dalam melawan musuh.

Alasan Drama dan Film Genre Survival ditonton:

  • Belajar dari solusi yang diambil dalam keadaan putus harapan
  • Mengambil hikmah dari kejadian dan sifat para tokoh-tokoh di drama atau film dalam mengambil sikap
  • Pelajaran hidup dan rasa syukur bahwa hidup sangat berharga
  • Melatih mental agar lebih siap menghadapi kehidupan nyata dan tantangan masa depan
Efek Menonton Film dan Drama yang Mengandung Kekerasan bagi Psikologi Seseorang

Mengutip dari alodokter.com, menonton film yang terlalu sadis sebaiknya dihindari apabila usia penonton masih dibawah 17 tahun. Karena:
  • sedikit banyak akan dapat mempengaruhi perkembangan mental emosional anak tersebut. Memang hingga saat ini belum ada sumber yang dapat memastikan hal tersebut. Namun pembentukan karakter seseorang itu dipengaruhi oleh stimulus atau rangsangan dari sekitarnya. 
  • Bila terlalu banyak menonton film dengan konten kekerasan, pembunuhan, atau konten negatif lainnya, biasanya dibawah alam sadar kita akan terbentuk suatu kepribadian tertentu. Misalnya menjadi kepribadian yang paranoid atau antisosial. Atau mungkin akan timbul suatu gangguan kecemasan pada diri kita. Sehingga akan cenderung sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain disekitar kita.
  • Karena manusia itu terdiri dari jiwa dan raga. Maka sebaiknya kesehatan mental juga turut dijaga agar dapat berfungsi sebagaimana manusia lainnya. 
Semoga bijak menonton drama dan film bergenre survival yang mengandung adanya  kekerasan walaupun demam film survival melanda di tengah-tengah masyarakat. Demam sesuatu yang disukai diri, jangan sampai malah merusak diri.

Comments

Popular Posts