Syafaat


Oleh: Ust. Yulis


Hadits ke- 30 Riyadus sholihin

Berasal dari kata:

Syafaat = asyafu (genap)

Al-Witru (Ganjil)


Riyadhus Shalihin Bab 30. Syafaat

 Allah ta’ala berfirman:

(مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَكُنْ لَهُ نَصِيبٌ مِنْهَا ۖ وَمَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَكُنْ لَهُ كِفْلٌ مِنْهَا ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُقِيتًا)

Barangsiapa yang memberikan syafa’at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa memberi syafa’at yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) dari padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. QS. An-Nisa’ 85.

وعن أَبي موسى الأَشعري رضي اللَّه عنه قال : كان النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم إِذَا أَتَاهُ طالِبُ حاجةٍ أَقْبَلَ عَلَى جُلسائِهِ فقال : « اشْفَعُوا تُؤجَرُوا ويَقْضِي اللَّه عَلَى لِسان نَبِيِّهِ ما أَحبَّ » متفق عليه . وفي رواية : « مَا شَاءَ » .


247. Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu anhu, katanya: “Nabi shalallahu alaihi wasalam itu apabila didatangi oleh seseorang yang meminta hajat, maka beliau menghadapi semua kawan-kawan duduknya, kemudian bersabda: 

“Berilah pertolongan padanya, sesungguhnya engkau semua mendapatkan pahala dan Allah akan memutuskan apa-apa yang disenanginya atas lisan nabiNya.” (Muttafaq ‘alaih) 

Dalam suatu riwayat lain disebutkan: “Apa-apa yang dikehendakinya,” -sebagai ganti ‘apa-apa yang disenanginya’-.

Syafaat-.Syafaat adalah menjadi perantara kebaikan dapat menghubungkan seseorang yang membutuhkan pertolongan kepada pihak yang memberikan bantuan, dalam bentuk menolak bahaya.

Link Sumber

Syafaat atau pertolongan atau perantaraan itu ada dua: hasanah (baik) dan sayyiah (buruk).  dibagi menjadi dua:

1. Syafaat Hasanah (Syafaat Kebaikan)

2. Syafaat Sayyiah (Syafaat Keburukan)


1. Syafaat Hasanah

Contoh: 

Syafaat yang dengannya hak seorang Muslim dapat terjaga, menolak keburukan, atau membawa kebaikan, syafaat tersebut hanya mengharapkan wajah Allah, tidak mengambil suap atas syafaat tersebut, dalam perkara yang dibolehkan, tidak dalam masalah hukum dari hukum – hukum Allah, dan tidak dalam masalah hak dari hak – hak yang harus ditunaikan.


Orang yang mendapat syafaat kebaikan yaitu menjadi perantara menyebarkan berita penggalangan donasi. Bisa juga yang mengantarkan donasi.

Membaca surat Al Mulk, syafaat di alam kubur.

Banyak sekali jalan memberikan kebaikan. Memberikan bantuan termasuk Syafaat.


2. Syafaat Sayyiah

Kebalikan dari syafaat hasanah. Pada umumnya syafaat sayyiah ini dilakukan dengan memberikan materi ataupun suap dengan jumlah tertentu untuk melepaskan hak – hak tertentu dan untuk menguasai harta orang lain.

Contoh: broker yang mencurangi kliennya.

Dari Abu Musa beliau berkata, pernah suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam didatangi seorang peminta-minta -atau sepertinya ia berkata ‘ditemui (bukan didatangi) seorang peminta-minta’, atau orang yang mempunyai keperluan-, maka beliau bersabda:

اشْفَعُوا فَلْتُؤْجَرُوا وَيَقْضِي اللَّهُ عَلَى لِسَانِ رَسُولِهِ مَا شَاءَ

Berilah syafaat (pertolongan) niscaya kalian diberi ganjaran, dan Allah memutuskan melalui lisan rasul-Nya apa yang dikehendaki-Nya.” HR. Bukhari dan Muslim.

Marilah memperbanyak memberikan bantuan atau syafaat kebaikan, berilah kemudahan dan menghindari syafaat Sayyiah, mari semangat berbagi kebaikan.


Sumber : klik link ini

Comments

Popular Posts