Naik Haji Bersama Keluarga

 


Dari sebuah group berbasis pesan keluar nama-nama calon haji tahun 2022 dari kota kami, Ya Allah, senangnya, haji kembali dibuka, seperti yang dilihat di media sosial, umroh Ramadhan benar-benar membludak, 10 hari terakhir Mekkah dan Madinah di Ramadhan tahun ini, tumpah ruah.

Sumber: dakwahsunnah.com

Ya Allah cita-cita kami agar bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima ini.



Ya Allah, Ya Kariim, Ya Rahman, Ya Rahiim, sehatkan, kuatkan jiwa dan raga kami, agar kami bisa menjadi tamu-Mu kembali, mendapat ibadah haji yang mabrur. Menikmati sujud dan ibadah di tempat-tempat rahmat-Mu, berdoa di tiap sudut-sudut yang penuh keberkahan-Mu. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin 🤲


Selain ikhtiar dan usaha mendaftarkan haji, dari menabung juga menjaga kesehatan sampai tiba daftar haji. Doa senantiasa dipanjatkan kepada pemilik ketetapan dan naungan Ridho serta perlindungan Allah Subhana wa ta ala.


Alquran surat Al-Baqarah ayat 128 mengabadikan doa Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail. 


Doa ini bagus dipanjatkan bagi setiap orang yang beriman yang ingin cepat dipanggil Allah sebagai tamunya (bisa berangkat haji).


رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ


“Rabbana waj’alna muslimaini laka wamin dzurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana watub ‘alaina innaka antat-tauwwabur rahim”


“Wahai Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang taat kepada-Mu, begitu pula anak keturunan kami. Jadikanlah mereka ummat Islam, ajarkan lah cara-cara beribadah haji kepada kami, ampunilah dosa-dosa kami. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang kepada semua makhluk-Mu.”


Doa itu juga baik digunakan umat Islam yang ingin segera berangkat ke baitullah. Karena dalam doa itu ada kalimat “ajarkanlah cara-cara beribadah haji kepada kami.


Doa ini juga boleh dibacakan untuk para jamaah dan calon jamaah haji.


Ada banyak hikmah yang dapat dipetik dari doa Nabi Ibrahim bersama dengan putranya, Nabi Ismail. 


Setidaknya ada tiga permohonan penting yang disampaikan dalam doa beliau berdua, yaitu:


1. Memohon agar menjadikan mereka dan anak turunnya tetap istiqamah dalam keislaman. 


Inilah doa yang selalu dipanjatkan oleh hampir setiap Nabi.


Karena di antara amanah terberat bagi seorang kepala keluarga adalah menjaga anggota keluarganya agar tidak terjerumus dalam siksa neraka; tentu caranya dengan mengamalkan Islam secara kaffah.


2. Memohon kepada Allah agar diberi ilmu dalam menjalankan ibadah. 


Ilmu menjadi hal yang penting karena tanpanya perjuangan untuk menjalankan ibadah seberat apapun sangat beresiko membuatnya tertolak, sia-sia. 


3. Taubat


Sangat mungkin seorang yang telah berilmu pun memiliki peluang berbuat kesalahan.


Nabi Ibrahim mengajak putranya dan mengajarkan bagaimana beribadah dan berdoa. Nabi Ibrahim juga menjelaskan apa visi besar yang diusung dalam keluarga.


Hal ini sangat penting mengingat visi haruslah disampaikan dalam keluarga dan diperjuangkan bersama.


Dilansir dari bincangsyariah.com, Yazid, salah seorang warga Todipan, Solo, Jawa Tengah, sebagaimana dilansir NU Online, mendapatkan ijazah shalawat dari KH Abdul Muid Ahmad, Pesantren Al Muayyad, Mangkuyudan, Solo. Salawat tersebut disebutkan telah diterima sanadnya dari KH Ahmad Baedlowie Syamsuri, Brabo, Grobogan.


Shalawat berikut ini disebut sebagai salah satu amalan agar bisa naik haji, dengan syarat shalawat ini dibaca satu kali setiap habis shalat Isya’ dan dibaca 40 kali setiap malam Jum’at.



Doa atau shalawat ini juga disebutkan oleh Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah. Shalawat tersebut sebagai berikut:


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَزِيَارَةَ حَبِيْبِكَ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلاَمِ، فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى  آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

“Allahumma shalli alaa sayyidina muhammadin shalatan tuballiguna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa ‘afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim”

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

Sumber: https://katakatauntukayahibu.cektutorial.com/2019/01/kata-kata-untuk-orang-tua-naik-haji.html

Semoga Allah memampukan, menyegerakan, bisa berhaji bersama keluarga, Aamiin Ya Rabbal'alaamiin 🤲


Resume:

bpkh.go.id

bincangsyariah.com

Comments

Popular Posts