Hal yang Bakal Bikin Kamu Semangat di Hari Senin


Senin adalah hari kedua dalam satu pekan setelah hari Minggu (Ahad). Kata Senin diambil dari bahasa Arab yaitu 'Isnain' yang berarti dua.

Hari Senin memiliki keutamaan besar dalam Islam di samping hari Jumat (sayyidul ayyam). Senin menjadi hari yang istimewa karena banyak peristiwa agung terjadi pada hari tersebut.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, menyukai Hari Senin.

MasyaAllah, kenapa ya?

Ternyata hari Senin merupakan hari yang dihormati dan dimuliakan Rasulullah SAW. 

Sebab, terdapat sejumlah keutamaan dan peristiwa bersejarah yang terjadi di hari Senin, apa sajakah itu:

1. Hari Hari Rasulullah SAW dilahirkan, diutus dan wahyu diturunkan untuk Baginda Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Muslim, dari Abu Qatadah RA, diceritakan Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat, "Ya Rasulullah, mengapa engkau berpuasa pada Senin dan Kamis?" Rasulullah menjawab, "Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus, dan di hari itu wahyu diturunkan untukku," (HR Muslim).

Kalau Senin termasuk hari dimana Rasulullah dilahirkan, diutus dan Wahyu turun, juga Rasulullah shalallahu alaihi wa salam berpuasa di hari Senin, Bestie jadi semangat dong.

2. Pintu-Pintu Surga Dibuka 

Dalam hadits shahih lainnya yang juga diriwayatkan Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Pintu-pintu surga di buka pada Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai,” (HR Muslim).

Bestie senang kan? Jadi tambah semangat Yee kan? Apa belum? di hari Senin pintu-pintu surga dibuka loh, siapa yang mau masuk surga? Pintunya sudah dibuka di hari Senin, dosa-dosa Bestie dan aku diampuni. Dan juga hindari permusuhan ya. Kalau musuhan, baikan, maaf-maaf ya, biar bisa masuk surga. Aamiin Allahumma Aamiin. So, kuy, semangat Senin jalan terus dong.

3. Catatan Amal Diperiksa

Credit: pinterest

Kalau diperiksa, berarti Bestie semangat memperbanyak amal-amal kebaikan, so do I, termasuk aku juga Bestie. Jadi semangat mengumpulkan pundi-pundi amal.

Rasulullah SAW bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan,” (HR Muslim).

4. Hari Pilihan Rasulullah Berpuasa 

Credit: merdeka.com

Di hari Senin dan Kamis berbagai amalan dikumpulkan dan Rasulullah SAW suka jika amalan beliau dihadapkan kepada Allah ketika sedang berpuasa.

So, Bestie, Pilih yang mana? Bersemangat apa bersungut-sungut/gerundel (menggerutu) di Hari Senin?

Aisyah RA mengatakan, "Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada Senin dan Kamis," (HR An Nasai dan Ibnu Majah).

Hal ini juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW bersabda, "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa," (HR Tirmidzi).

5. Hari dimana Rasul tiba di Madinah saat hijrah

Urwah bin Az-Zubair rahimahullah berkata:

“Lalu penduduk Madina menemui Rasulullah di daerah Al-Harrah (tempat berbatu hitam di Madinah), lalu Rasulullah beralih bersama mereka ke sebelah kanan sampai beliau singgah bersama mereka di rumah Bani ‘Amru bin ‘Auf, dan saat itu adalah hari senin dari bulan Rabiul Awwal”. (Sahih Bukhari).

6. Hari yang baik untuk berobat

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit.” (Sunan Ibnu Majah: Hasan).

Semoga Bestie semangat selalu di hari Senin. Semangat beribadah kepada Allah. Semoga Allah memudahkan segala urusan, iman selalu naik, sehat selalu. Demikian halnya dengan diriku, Bestie, semangat selalu di hari Senin dan hari-hari lainnya, menurutku "bukan hari-harinya, tapi rasa syukur dan peluang amalan serta pahalanya yang bertambah". Bersyukur masih dipertemukan kembali dengan hari Senin yang penuh keutamaan dalam Islam, bersyukur Allah masih memberikan waktu dan peluang untuk menambah amalan kebaikan sebagai bekal kelak masuk ke surga, sekarang, sudah mengetahui keutamaan hari Senin. So, Bestie, apa pilihan aku dan kamu? memanfaatkan dengan baik atau? Mari belajar lagi, semoga bisa berproses ke arah yang lebih baik, Aamiin Allahumma Aamiin. Terutama teruntuk diriku sendiri yang masih berproses dan banyak khilaf. 

Referensi: 

https://republika.co.id

https://umma.id

Comments

Popular Posts