Trend Musim yang Terjadi


 "Ayo, buruan, ketinggalan ntar! teriak Ririn.

"Bentar napa, ini lagi lari ga lihat apa!" balas Lia.

Kedua sahabat itu berencana ke Tanah Abang. Mereka naik kereta dari stasiun Tebet. Keduanya ingin mencari baju lebaran yang akan dijual lagi di toko online mereka. Sepekan yang lalu kedua sahabat itu sudah mencari-cari referensi trend baju lebaran yang sedang musim di tahun 2022 ini.

credit: blog.cove.id

Ternyata penumpang ramai hari itu, karena Sabtu. kantor di Jakarta sebagian besar libur, sehingga libur kerja dipergunakan untuk jalan-jalan. Dan di jam yang sama tujuan penumpang yang ramai sesak itu adalah ke Tanah Abang!

Alhasil, keduanya sukses berdiri di salah satu gerbong kereta.

"Rin, ntar ke Tamcit (Thamrin City) juga kan?" tanya Lia.

"Iyalah, sekalian," jawab Ririn.

"Naik ojek kan?" tanya Lia."

"Jadilah lah." jawab Ririn.

Suasana di dalam gerbong, tempat mereka berdua, ramai, akan tetapi tiap orang sibuk dengan telepon genggamnya masing-masing, hanya ada suara anak kecil dan orangtuanya. Ada juga beberapa yang mengontrol sambil berbisik-bisik. Beberapa penumpang yang duduk ada yang tertidur.

"Eh Li (panggilan Ririn ke Lia itu Li), list titipannya dah siap kan?" tanya Ririn.

"Udah, beres," jawab Lia."

"Sesuai kesepakatan kemarin, kita cari baju-baju titipan pelanggan dulu ya." kata Ririn.

"Iya, kemarin aku juga dah wa sama admin toko di Tanah Abang dan Thamrin City langganan kita kemarin, katanya baju-bajunya sudah ready." jawab Lia.

credit: tribun bogor-tribbunews.com

Ririn mengangguk-angguk, sambil berkata, "Oke, mantap."

Rute kereta dari stasiun Tebet ke Stasiun Tanah Abang, melewati beberapa stasiun, yaitu Tebet (TEB) - Manggarai (MRI) - Mampang (MPG) [tidak berhenti/melintas langsing] - Sudirman (SUD) - Karet (KRT) - Tanah Abang (THB). Hanya beberapa penumpang yang turun di antara stasiun-stasiun tadi, selebihnya pemberhentian mereka di stasiun Tanah Abang. Sehingga tidak banyak mengurangi penumpang yang duduk. Ririn dan Lia pun juga tidak dapat duduk hingga tiba tujuan di stasiun Tanah Abang.

credit: Suara.com

Setelah turun di stasiun Tanah Abang, keduanya memutuskan untuk membeli minuman. Mereka meminum sambil duduk-duduk melepas lelah setelah berdiri.

credit: Suara.com

Dirasa cukup istirahat keduanya melanjutkan menuju pasar Tanah Abang, pasar yang merupakan pusat perdagangan pakaian dan tekstil utama ke berbagai wilayah di Indonesia dan juga Asia serta dunia. Pasar tersebut telah ada sejak 1735.

Setibanya di lobby, keduanya berjalan gesit menuju toko langganan mereka. Mereka menerobos kerumunan sambil memegang tas mereka dengan erat.

Sesampainya ditunggu, mereka menyapa admin toko. 

"Hai Kakak tolong donk gamis yang kemarin aku wa," kata Lia.

"Oya kak, udah aku siapin gamis pompom-nya." jawab adminnya.

Gamis pompom adalah gamis dengan lengan balon ini memiliki detail pompom bertekstur namun tidak bentuk timbul. Bagian kerahnya bentuk shanghai dan ada kancing di bagian dada. Gamis pompom ini merupakan gamis trend musim lebaran 2022.

Ririn dan Lia mendapat info dari admin toko langganan mereka, mereka berlangganan di toko tersebut karena koleksi gamis pompom mereka bagus-bagus dan import juga toko itu selalu update koleksi, harganya pun cocok dengan keuangan Ririn dan Lia, pelanggan mereka pun selalu repeat order dengan koleksi-koleksi jualan mereka dari toko itu.

Selain gamis pompom, gamis bermotif masih mendominasi di Tanah Abang. Ada gamis bahan silk printing, gamis motif bunga dan abstrak dengan beragam harga lengkap di toko langganan mereka itu.

credit: detik.com

Gamis silk menjadi tren karena terlihat elegan, cantik dan anggun. Ririn dan Lisa rencananya akan memadukan gamis silk printing dengan hijab polos, agar tidak terkesan menumpuk.

Di toko langganan mereka juga terdapat koleksi dress lace dan brukat, petugas admin toko memberitahukan bahwa dress Lace dan brukat sedang laku diburu pelanggan untuk baju Lebaran 2022. Alasannya karena dress tersebut mempunyai desain yang elegan dan cocok untuk Lebaran.

Setelah memilih koleksi terbaru juga pesanan pelanggan mereka, barang-barangnya dikemas dan dibayar, mereka meninggalkan toko untuk melanjutkan menuju toko di Thamrin City. Barang-barang yang sudah dibeli oleh mereka akan dikirim oleh pihak toko.

credit: Tripadvisor

Mereka ke sana untuk mencari gamis polos yang masih menjadi incaran wanita Muslim sebagai tren baju Lebaran 2022. Gamis polos ini terdapat ruffle di bagian dada. Ada juga gamis polos dengan cuttingan A-line dan tambahan ruffle full bagian lengan.

Keduanya naik ojek, dua motor ojek, tiba di Thamcit, mereka langsung menuju toko langganan mereka di Thamcit.

Mereka mencari gamis bahan ceruty kombinasi motif dan polos laris manis di Thamrin City. Gamis hadir dengan beragam pilihan warna dan bisa dijadikan baju Lebaran seragam keluarga. 

Kata si kakak admin toko, gamis berbahan ceruty Sudah laku sekitar ribuan. Di Thamcit inj ada delapan toko sudah terjual banyak, satu set sama kerudung, warnanya ada enam warna perpaduan motif dan polos. Kata kakak admin sebenarnya lebaran bikin syari, sekarang kombinasi motif dan polos."

Menurut kakak admin toko, dress bahannya brokat juga laris manis, untuk saat ini tinggal warna yang ada di display saja karena sudah habis dibeli. Qadarullah Ririn dan Lia sudah pesan dan transfer sehingga titipan pelanggan dapat diselesaikan.

"Oya kak, dress ini bahannya dari sutera mix ceruty, tile dot, sesuai pesanan yang kedua itu kan?" tanya memastikan.

"Iya, Kak." jawab petugas admin.

Ketika sedang asyik-asyiknya mereka menanyakan barang-barang, ada dua orang yang menghimpit badan Lia juga satu orang juga menarik-narik tas Lia, sambil mengambil dompet dengan mendorong Lia. Kedua orang itu melakukannya sambil tanya-tanya pakaian.

credit: antaranews.com

Lia pun tersadar, mengapa bisa terguncang, terhimpit keras karena guncangan dan kedua orang itu semakin menghimpit Lia. Tapi di sekitar mereka bertiga, tidak ada orang lain di toko itu.

Pertama kali Lia tersadar karena mengapa di toko itu yang sedang transaksi Ririn, Lia sendiri juga dua orang tadi, sehingga meja pembatas penjual dan pembeli masih lebar, mengapa kedua orangtua tadi menghimpit Lia sambil tanya-tanya gamis padahal sisi luar sepi.

Kemudian Lia merasakan tarikan di tasnya dan melihat ke arah tarikan itu, ternyata, satu orang yang menghimpit Lia tangannya berada di dompet Lia. Ketika Lia ingin menjerit, orang itu pun sadar Lia melihatnya, dan langsung pergi. Seketika orang menghimpit Lia di sisi lain, pergi ke arah berlainan. Lia pun lemas. Sedangkan kedua orang yang menghimpit Lia sudah menghilang secepat kilat.

credit: indozone.com

Ririn yang melihat Lia, pucat pasi, terdiam, bertanya. "Kenapa Li?"

"Aku hampir dicopet!" jawab Lia.

"Astaghfirullahal'adzim!" jerit Ririn.

Petugas toko pun melihat kami. Tapi mereka pun tidak sadar karena melayani pembeli tadi.

Setelah Ririn dan Lia menerima nota pembayaran, mereka mencari tempat duduk dan minum.

Setelah minum dan tenang Lia pun bercerita kejadian yang menimpanya tadi ke Ririn.

"Ciri-cirinya gimana Lia?" tanya Ririn.

"Aku pun tidak terlalu memperhatikan, yang aku ingat berjilbab dan putih, tubuh lebih subur dibandingkan diriku dan tingginya setinggi diriku. Ketika aku menoleh ke arahnya, dia tahu kalau ketahuan, langsung pergi, belum semat aku berteriak," jawab Lia.

"Ya Allah, maafkan aku Li, aku tadi juga fokus dengan pertanyaan ke petugas toko." kata Ririn.

"Ga apa-apa, Rin." aku kaget dan tidak percaya akan kejadian tadi, cepat sekali." lanjut Lia.

"Kalau kamu sudah nyaman, kita pulang ya, kamu dilindungi Allah, Li." kata Ririn.

Dan Lia mengangguk perlahan sambil berucap lirih, "Alhamdulillah."

Sebulan menjelang lebaran di Tanah Abang dan Thamrin City, musim berburu baju lebaran dengan koleksi-koleksi terbaru, musim penuh sesak, sekaligus musim pencopet. Semoga Allah melindungi dimanapun berada.

Mereka melapor kepada petugas keamanan di sana, walaupun kehilangan dua pencopet, mereka tetap berusaha melapor sebelum mereka pulang. Modus pencopet melakukan aksinya dengan ikut bertanya-tanya ke penjual, bisa dua atau tiga orang, menghimpit keras, ikut berjubel, gerakan dan guncangannya semakin kencang. Semoga hidayah Allah sampai ke mereka, kembali ke jalan berkah dan halal. Semua calon pembeli dimanapun berada dilindungi Allah Subhana wata ala, Aamiin ya rabbal'alaamiin.

Referensi:

https://jakartapusat.bawaslu.go.id/tanah-abang/

https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-6035891/model-gamis-yang-jadi-tren-baju-lebaran-2022-di-tanah-abang-dan-thamrin-city/amp

https://www.wolipop.detik.com/hijab-update/d-6035414/berburu-baju-lebaran-2022-di-tanah-abang--thamrin-city-ini-dress-yang-laris/amp

Comments

Popular Posts