Sarapan Cinta dan Cita Rasa


Pertanyaan

Saat kutanya sama keluargaku. Sarapan apa yang paling berkesan buatan ku?

Kakak Bahagia nyeletuk, "mie goreng."

Suamiku bilang, "kering tempe dan daging kambing dikecapin.

"Loh sarapan kok," kataku.

Suami bilang, "kalau makanan ya itu kering tempe."

Ku tanya, "kalau nasi goreng terasi buat ibu suka?"

Diam. Ga ada jawaban.

Ternyata bukan favorit mereka, he..he.

Kesukaan

Adik Anugerah suka sarapan yang tidak bikin eneg. Kesukaannya sereal rasa coklat, yang dilihat dari bahan-bahan kemasan isi kadar gulanya tinggi. Dia juga suka salad buah untuk sarapan. Buah pisang Sunxxxxx adalah buah kesukaannya.

Kakak Bintang tidak pemilih dalam sarapan, suka dengan nasi goreng terasi untuk sarapan dan sambal terasi buatan ku.

Suami suka tempe goreng dalam setiap masakan, bahkan untuk sarapan, tempe goreng, kecap, kerupuk, kering tempe. Menu seperti makan siang juga malam, favoritnya adalah tempe.

Mencipta Kenangan

Jujurly, ketika anak-anak sudah besar membuat sarapan seputar mie goreng, nasi goreng, tempe goreng, goreng-goreng frozen food. Paling mudah dan cepat untuk sarapan pagi. Tapi semuanya serba memakai minyak dan karbohidrat, kecuali tempe, yang protein nabati. Beda judul kalau tempenya pakai tepung, tambah karbohidrat itu. He..he.

Dari sarapan yang dibuat seorang ibu, ataupun masakan, akan mencipta kenangan dari rasa sampai ingatan nama makanannya, timbul rasa kehangatan, cita dan cinta rasa hadir dari sebuah masakan. 

Walaupun bukan chef, belajar masak otodidak, memasak dengan cinta, niat, tulus, ikhlas dipersembahkan untuk keluarga, makanan ga enak jadi terasa enak, benarkah demikian? 

Memasak dengan perasaan rasa cinta? Atau memasak dengan cita rasa?

Hhmm, ga juga sih. Anak-anak punya opini jujur, keasinan, ga ada rasa, kurang mecin, tambah msg, agar gurih terasa di lidah mereka. Ada ungkapan berawal dari perut naik ke hati. Pria jatuh cinta karena masakan. Anak-anak rindu pulang karena kangen dan teringat rasa masakan ibunya. Walaupun itu bukan indikator untuk jatuh cinta pada seseorang, tapi berpengaruh terhadap terciptanya bonding keluarga ketika makan bersama masakan ibunya, masak bersama, juga dapat belanja bersama, memilih bahan yang berkualitas, halal, baik dan hemat.

Cinta dan Cita Rasa

Diriku pun ini masih mengingat rasa dan masakan ibuku, aku suka dan ingat masakan ibu seperti sambel terong, ikan pindang/cue, sayur sop, rendang. Banyak ya, masakan ibuku enak.

Banyak praktek apakah akan membuat seorang ibu lebih baik dalam memasak? Apakah waktu akan menjawabnya?

Jawabannya ada pada diri ibu sendiri, he..he.

Skill memasak masuk kuadran berapa? Tiap ibu pastilah berbeda. Jika passionnya memasak dan ingin memasak makanan sehat untuk keluarga, hemat, tidak mau beli masakan matang, bisa jadi masuk kuadran 1 dan penting serta mendesak.

Manfaat Sarapan

Mengutip dari alodokter.com, "sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Layaknya mobil, Anda butuh juga “bahan bakar” untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting dalam memulai hari."

Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Sarapan juga asal kenyang, mengutip alodokter.com, Sarapan bukan hanya sekadar menghilangkan rasa lapar. Asupan nutrisi yang optimal dan menyehatkan ibarat bahan bakar yang bisa membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Jika tidak ingin mengonsumsi makanan yang terlalu berat, Berikut menu sarapan sehat dan praktis:

  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang
  • Roti gandum utuh berisi telur dadar, keju, selada, dan tomat
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum utuh
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan
  • Yoghurt rendah lemak dan dicampur buah-buahan
  • Susu cokelat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, dan buah-buahan
  • Jus buah dicampur yoghurt rendah lemak

Pentingnya Sarapan Sehat

Mengonsumsi menu sarapan sehat pada pagi hari sangat penting bagi stamina dan daya tahan tubuh. Tubuh akan lebih berenergi dan siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Sarapan bukan hanya sekadar menghilangkan rasa lapar. Asupan nutrisi yang optimal dan menyehatkan ibarat bahan bakar yang bisa membuat organ tubuh bekerja dengan baik.

Tanpa asupan nutrisi dan stamina yang prima, Anda akan sulit berkonsentrasi dan menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, sarapan sehat juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, mencegah peningkatan kadar kolesterol, hingga menjaga berat badan.

Anggapan

Banyak yang beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti sereal atau roti tawar putih. Namun, anggapan tersebut ternyata salah.

Mengonsumsi karbohidrat olahan justru bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat, sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan adalah yang berasal dari biji-bijian utuh, seperti nasi merah dan roti gandum utuh, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Selain itu, lengkapi menu sarapan sehat Anda dengan makanan yang mengandung protein, misalnya telur. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi hari dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba.

Semoga bisa menghadirkan sarapan juga masakan yang halal dan baik untuk keluarga, sehat selalu untuk keluarga. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts