Keramaian Pasar Malam


Nostalgia

Waktu ku kecil ingat diajak ke pasar malam. Ramai orang, lampu terang berwarna-warni. Banyak jajanan berbau harum menggunggah hidung. Aneka mainan menambah seru suasana di malam. 

Saat ini kami mengajak anak-anak kami. Kami orangtuanya nostalgia dan anak-anak dikenalkan dengan hiburan masyarakat. Pasar malam hari itu yang cukup ramai karena libur dua hari. 

Permainan

Motor Listrik

Anakku tertarik mecoba permainan motor listrik dengan charge aki. Seharga Rp6000. 

Bounce Castle (Istana Balon) 

Kemudian balon besar (Bounce Castle) yang bisa buat loncat-loncat, kami pun menunggu di dekat anakku. Karena ada kejadian Bounce Castle kempes ketika dimainkan anak-anak di sebuah pasar malam. 

Gajah Duduk

Tak hanya permainan itu, ada gajah duduk, yaitu seseorang duduk di tempat bergambar dan berbentuk dan berputar dan ada petugas yang memutarkan. 

Bianglala

Ini aku sendiri tidak memberikan rekomendasi, karena perputarannya cepat sekali. Dan terlihat rapuh. Ada kejadian juga di Sekaten, Jogyakarta, dua gerbong terbalik sepertinya di isi oleh remaja/dewasa, bukan anak-anak, dan menurut laporan polisi di berita itu, mereka bercanda di dalamnya. 

Kora-kora

Sama seperti bianglala, untuk anakku usia 12 tahun, ku beri pengertian, jika wahananya juga terlihat tidak aman. 

Mewarnai

Ini mewarnai di media styrofoam sudah ada gambarnya dan diwarnai menggunakan cat air. 

Kereta Air

Kereta dengan kincir di dalam air setinggi tumit orang dewasa. 

Kereta yang berputar 

Ini kereta dengan rel berputar dan lintasannya pendek. 

Komidi putar

Komidi putar atau carousel atau korsel adalah sejenis atraksi kuda-kudaan yang bisa dinaiki dan berputar dalam sebuah platform datar. 

Kursi Terbang

Wahana berputar juga, dengan bentuk kursi dan bertali. Ada yang dijalankan mesin untuk taman hiburan yang permanen, adapula petugas yang memutarkan untuk pasar malam/taman hiburan yang nomaden. 

Mandi Bola

Ini pun aku tidak memberikan rekomendasi. Banyak sekali ya tidak rekomendasi, niat kami memperkenalkan tempat dan menjelajahi keramaian, menikmati romansa pasar malam bersama keluarga tersayang. 

Harga permainan bervariasi mulai Rp6000. Harga makanan pun bervariasi. 

Cuaca

Cuaca cerah, mendukung pasar malam/taman hiburan karena konsep permainannya outdoor. Ada yang menyediakan konsep rumah kaca, hantu atau tong berputar untuk motor, kalau hujan bisa jadi alternatif. Tempat-tempat makan pun, siap-siap bertambah kebanjiran omset jika hujan karena pengunjung berteduh sambil makan atau minum hangat. 

Antusiasme

Anak ketiga ku kelas 1 SD, senang sekali diajak ke pasar malam. Karena sebelumnya belum pernah di usia ini. Kami pernah ajak ketika usianya kurang dari 2 tahun. 

Makanan

Penjual makanan banyak sekali, ada yang jenis jualannya sama dan ada yang tidak. Jenis jualan yang sama itu Fried Chicken, seafood bakar, sosis bakar. Ada pula yang berbeda seperti klepon (sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih-wikipedia.com). Ada nasi dan mie goreng, ada ayam dan bebek goreng, aneka minuman. 

Perhatian Siaga

Bersenang-senang bukan berarti mengabaikan keselamatan diri sendiri karena saat bermain keselamatan tetap jadi prioritas utama.

Tips mengajak anak bermain ke pasar malam:

1. Perhatian terhadap posisi anak-anak

Ketika anak bermain pun ditunggu di dekatnya. 

2. Menyiapkan uang receh

Untuk wahana anak atau membeli makanan. 

3. Hindari membawa dan memakai barang berharga

4.  Jangan terlalu sering memainkan ponsel

5. Tetap awas, perhatian terhadap lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan tempat bermain seperti rumput, berbagai pohon yang besar, apakah ada kotoran hewan, apakah bersih atau tidak dan bagaimana dengan sarana tempat sampah. 

5. Gunakan tas tertutup

Tas yang tertutup dan letakan dalam posisi di depan. 

Allah sebaik-baik penolong dan pelindung, sebaik-baik pencipta, takdir di tangan-Nya, khtiar usaha tetap dijalankan dan doa diipanjatkan. 

Comments

Popular Posts