Pekan Hari Anak Nasional 2022 di Teras Baca Kepodang


Kegiatan

Keramaian anak-anak antusias mendengarkan dongeng di Teras Baca yang kami kelola, Sabtu, 23 Juli 2022, momen kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2022. 


Rangkaian kegiatan bertajuk Pekan Hari Anak Nasional 2022 itu diselenggarakan 2 sesi, sesi 1 pada Ahad, 17 Juli 2022. Dan sesi 2 pada hari Sabtu, 23 Juli 2022.


Sesi 1, diadakan permainan tradisional, seperti congklak/dakon, bola dan biji bekel, yo-yo. Kemudian Read a Loud tentang Keajaiban Hewan, buku Sains Qur'an.



Kegiatan diadakan melibatkan anak-anak di lingkungan sekitar rumah sebagai peserta. Acara diadakan secara sederhana dan santai.


Turut hadir menyaksikan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada narasumber pendongeng, ibu ketua RT kami.



Dongeng menceritakan gajah dan semut yang mengibaratkan pertemanan di antara keduanya.


Hikmahnya adalah empati dan kasih sayang terhadap teman, mau memaafkan.


Kegiatan itu dihadiri sejumlah 30 anak dari lingkungan sekitar dan 5 anak dari yayasan yatim, bertempat di teras mushola lingkungan kami.


Kegiatan yang berlangsung 1 jam, dimeriahkan dengan pembagian giveaway dan doorprize, gelembung sabun dan balon tiup. Sejumlah permainan yang jarang dimainkan anak-anak zaman sekarang.


Nice Home Work (NHW) 9  (Passion + Emphaty = Social Venture) 

Kami mengelola teras baca secara mandiri. Tergugah dari sebuah pengerjaan tugas di Nice Home Work (NHW) 9, Bunda Sebagai Agen Perubahan dari Bunda Sayang. Presentasi mengenai Social Venture Ideas, membuat project, suatu kegiatan yang tidak hanya memikirkan diri sendiri namun kesejahteraan sosial di lingkungannya atau pemberdayaan masyarakat.


Dan tercetusnya sebuah gagasan ingin memiliki teras baca yang dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya anak-anak di sekitar lingkungan. Dan kegiatan Literasi yang berjalan tak hanya membaca buku saja, pada prosesnya juga ada kegiatan lain seperti gerak tari, nobar (nonton bareng) film bertema ramah anak dan pendidikan, coaching class mewarnai, English games for children, permainan mengenal huruf dan angka.


Ide Datang dari Dalam

Ide yang juga datang dari anakku nomor 3 di rumah yang suka bermain bersama teman-teman di lingkungan. Dari anakku itulah, aku mendapatkan ide, mengumpulkan anak-anak di sekitar rumah dan diajak play date (bermain bersama) sederhana yang bermanfaat.


"Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu, tidak ada hukum terbalik".

-Dodik Mariyanto -


Dan NHW itu masih dalam sebuah presentasi dan setoran tugas, hingga 20 Agustus 2020, gagasan itu menjadi sebuah aksi Teras Baca Kepodang.


Walaupun saat ini masih bersifat agenda sosial.


Sumber Daya

Tentor yang dimiliki ada dua orang, termasuk diriku. Semoga dapat bertambah. Buku-buku koleksi pribadi berjumlah lebih dari 100 buku. Dan kami masih membutuhkan buku-buku yang bervariasi pengetahuannya. Teras baca diundang di kegiatan BIMTEK Literasi Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang diselenggarakan oleh dinas. Saat ini teras baca masih berada di rumah pengelola. Juga berusaha berkolaborasi dengan berbagai pihak agar kegiatan variatif. Semoga prosesnya lebih baik lagi dan lancar.


Dukungan

"It Takes A Village To Raisa A Child", sebuah pepatah yang mengatakan, "butuh orang sekampung untuk mendidik satu orang anak". Orangtua di lingkungan sama-sama bertanggung jawab membangun dan saling mendukung perkembangan anak ke arah positif. Kami terharu Orangtua di lingkungan mendukung kegiatan teras baca. 


Doa dan Harapan

Semoga dengan kegiatan yang berasal dari dalam ini dapat dijalani sebagai proses yang terus berkelanjutan, menemukan, menentukan visi hidup dan menemukan misi penciptaan diri di muka bumi ini, bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat.


Senantiasa menjalankan semangat menjalani aktivitas yang membuat mata berbinar-binar, menciptakan kebahagiaan untuk diri dan orang lain.


Semoga senantiasa memunculkan semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup ini dengan menempatkan keluarga dan sang buah hati sebagai prioritas utama dan pertama. 


Dapat memaknai semua aktivitas sebagai sebuah proses ikhtiar menjemput rejeki.

Comments

Popular Posts