Popda


Ikut

4 tahun lalu anakku ikut POPDA Provinsi Jawa Tengah, usianya kala itu 11 tahun.


Dikutip https://jatengprov.go.id/, POPDA adalah Pekan Olahraga Pelajar Daerah, merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional, dimana dari ajang tersebut sering muncul atlet-atlet berbakat dan berprestasi. 


Kemarin berlangsung POPDA 2022 dari Selasa (12/7/2022) sampai dengan Selasa (19/7/2022).


Kota Solo meraih juara umum dengan medali terbanyak di klasemen.


Kejar mengejar peringkat antar kontingen di klasemen sementara perolehan medali Popda Jateng 2022 makin seru hingga detik akhir.


Compound Bow


Anakku saat itu ikut jenis panahan Compound Bow atau Busur Compund.

Nah, apa itu Compound Bow, kalau menjelaskan sih aku bukan ahlinya, jadi cek referensi di sini ya https://review.bukalapak.com/sports.


Menurut di situs tersebut dikatakan  merupakan busur yang dibuat berdasarkan teknologi masa kini, memiliki arah penembakan yang unik. 


Dibandingkan dengan busur berbentuk lurus (flat bow) dan lengkung (recurve bow) yang hanya mengandalkan tali busur untuk melakukan penembakan, compound bow memiliki mekanisme katrol yang membuat compound bow memiliki karakteristik yang unik saat penarikan yaitu “berat di awal, ringan di akhir”.


Selain itu, dahan pada busur ini juga lebih kaku dibandingkan dengan recurve bow dan long bow sehingga busur ini dapat menyimpan dan menyalurkan tenaga secara lebih efisien. 


Perkembangan terakhir dari teknologi pembuatan busur ini memungkinkan busur ini untuk melesatkan panah sampai dengan kecepatan 340 kaki/detik, atau rata-rata 3 kali lebih cepat dibandingkan jenis busur yang lainnya. Busur compound juga menjadi standar kompetisi Internasional.


Proses


Nah, anakku diusulkan pelatih. Latihannya Senin-Sabtu tiap sore, kalau Ahad/Minggu tiap pagi.


Awalnya belum pegang langsung alatnya. Diajarkan cara memegang, di lapangan diwajibkan berhati-hati, tidak melewati di depan pemain yang akan menembak, lewat belakang. Kemudian ada waktu untuk mengambil busur di lapangan. Tidak sembarangan mengambil busur ketika pemain lain sedang menembak.


Lomba

Anakku mengikuti 1 lomba yaitu POPDA, belum menang. Ada pengalaman di sana. Semoga pengalamannya bermanfaat dan berkah. Capek tapi berkesan. Dapat teman baru, bercanda, nginep bareng ketika mau lomba, dan membawa nama koran sendiri.


Penyimpanan Busur yang Tepat

Busur harus disimpan dalam posisi unstrung, sebaiknya diletakkan rata di rak atau permukaan datar serupa. Jangan pernah menyimpan busur dalam posisi berdiri karena akan menempatkan banyak tekanan pada bagian bawah busur. Jika Anda membiarkan busur digantung, Anda harus menyimpannya dengan menggantungnya secara horizontal dengan tali atau meletakkannya di atasnya pada permukaan datar dari sinar matahari langsung. Busur tidak boleh ditinggalkan dalam posisi yang dirangkai untuk waktu yang lama.


Panah tidak perlu banyak perawatan khusus. Poros disegel untuk melindungi mereka dari kelembaban. Bulu menjadi kusut atau kusut. Untuk mengembalikan bulu-bulu terlalu normal, mereka bisa dikukus. Ini bisa dilakukan dengan memutar bulu di atas sumber uap seperti cerat teko teh. Tidak perlu banyak uap untuk meluruskan bulu.


Referensi:

https://www.catkayu.com/rahasia-atlet-panahan-indonesia


https://muria.suaramerdeka.com/olahraga

Comments

Popular Posts