Miras


Minuman Keras (Miras) dan Alkohol

Minuman keras (miras), beralkohol. Dampaknya? orang yang meminumnya melebihi batas kemampuan, lupa apa yang dilakukan, kontrol emosi tidak terkendali, memicu tindak kekerasan, bahkan sampai tindakan kriminal.


Apa seperti di drama? dimana seorang perempuan mabuk dan melakukan hal-hal yang lucu, dalam artian imut, sehingga seorang pria semakin suka, berujung cinta?


Bagaimana dalam Islam, mengatur kebaikan untuk umatnya, menjauhi miras dan alkohol, karena Allah Subhana wata ala Maha Mengetahui yang terbaik untuk umatnya.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan." (QS Al Maidah 90)


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا


"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi." (QS An Nisa 43)



يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ


"Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir." (QS Al Baqarah 219)


Ada muslim yang mau mencicipi? kemudian taubat? Allah sudah lebih dulu mengetahui niat,  yang ada dalam pikiran dan batin manusia. Bahwa taubatnya dengan niat yang tidak baik. Manusia tak bisa lepas dari pengawasan Allah.


Kisah

Dikisahkan seorang wanita yang pekerjaannya penulis, saat itu sedang makan bersama calon suaminya. Suaminya yang sukses pula. 


Dibalik kesuksesan wanita tersebut memiliki masa lalu yang masih belum selesai. Calon suaminya pun sudah mengetahui. Akan tetapi calon suaminya tidak mengetahui bahwa masa lalunya itu masih menghantui wanitanya.


SMA

Si wanita adalah siswa pindahan di sebuah SMA terkenal, anak-anak orang kaya berpengaruh. Dan bakat menulisnya sudah terlihat sejak SMA. Dia dapat bergaul dengan anak beken di sekolah itu, karena menolong mengambilkan snack seorang siswi yang terjatuh. Selain anak beken, dia pun bergaul dengan siswa yang mengalami perundungan. 


Anak-anak beken itu tergabung menjadi satu geng dengan pemimpinnya seorang siswa yang pentolannya. Wanita itu juga memiliki pacar yang berada dalam satu geng tersebut. 


Suatu malam, wanita itu berpesta dengan gengnya, dan berpindah di rumah salah satu anak geng itu. 


Wanita itu mabuk, dan diperkosa secara bergiliran oleh pacarnya juga siswa dalam geng tersebut.


Kemudian setelah diperkosa, dalam keadaan hancur tak karuan, wanita itu berjalan ke sebuah mart. Dia bertemu gurunya dan dibawa ke rumahnya, dia menceritakan kejadian pemerkosaan di rumah gurunya.


Gurunya memberi saran, akan tidak mudah melaporkan kejadian pemerkosaan, karena image sekolah dan keluarga siswa-siswa tersebut. Dan wanita itu tak mau ibunya mengetahui kejadian itu, karena termasuk ibunya menuntut kesempurnaan dari si wanita.


Dalam perjalanan sekolah setelah kejadian pemerkosaan, si wanita berangkat sekolah dijemput pacarnya yang telah memperkosanya. Ketika si wanita curhat, si pacar marah dan menganggap bahwa itu bukan pemerkosaan.


Akan tetapi, si wanita dan guru melaporkan kejadian itu, akibatnya guru itu dikeluarkan. Dan kejadian itu tidak diusut oleh sekolahan.


Di rumah siswa si wanita yang juga dibully, siswa itu menceritakan kejadian pembullyan (perundungan) siswa yang lain

yang juga dikenal wanita itu.


Siswa yang diceritakan tadi, melakukan penembakan di sekolah, menembak geng perundungan, juga para siswa dan siswi yang tidak bersalah 


Si wanita malah dituduh berkomplot dengan siswa yang melakukan penembakan. Juga dituduh bahwa pemerkosaan itu hanyalah tindakan suka sama suka, dan dia adalah perempuan yang nakal.


Kisah di atas adalah sebuah film berjudul Luckiest Girl Alive, keseluruhan filmnya bisa dinikmati di Netflix.


Di Indonesia

Ada berita tentang pembunuhan yang dilakukan akibat dampak dari minuman keras. Dilansir dari regional.kompas.com.


Pembunuhan kepada kakak kandung sendiri. 


Bermula ketika pelaku, korban dan kerabat mereka yang lain mengonsumsi minuman keras di rumah Stef Ndun.


Mereka minum miras sebanyak satu botol, sambil bercerita.


Pada saat bercerita di teras rumah,  antara korban dan tersangka serta keluarga, membahas tentang roda sepeda motor bagian belakang milik korban yang bunyi.


"Korban berkata bahwa motor Honda Beat yang baru dibelinya kenapa kok bunyi seperti mesin sensor,"


Mendengar itu, pelaku lalu menanggapi agar jangan membahas hal tersebut.


Karena merasa kesal atas jawaban pelaku, korban lantas memaki dan mengeluarkan kata kasar lainnya.


Pelaku pun kemudian mengancam akan membunuh korban. Kerabat mereka yang melihat hal itu kemudian berusaha melerai keduanya.


Karena merasa kesal atas jawaban pelaku, korban lantas memaki dan mengeluarkan kata kasar lainnya.


Pelaku pun kemudian mengancam akan membunuh korban. Kerabat mereka yang melihat hal itu kemudian berusaha melerai keduanya.


Namun, keduanya tidak menghiraukan teguran tersebut. Tak berselang lama, pelaku langsung mengambil sebilah pisau yang berada tak jauh dari mereka.


Baca juga: Kasus Kejahatan di Tangsel Tahun Ini Menurun, tetapi Pembunuhan Naik


Pelaku kemudian menusuk ke arah tubuh korban sebanyak dua kali. Tusukan pertama tidak mengenai korban, karena dihalau oleh kerabat mereka.


Pelaku kemudian menusuk kembali dan mengenai dada sebelah kiri korban.


Lantaran ditusuk, korban sempat melawan dengan mencekik pelaku hingga tergeletak di lantai samping teras rumah.


Kerabat dan sejumlah warga lainnya kemudian melerai dan menyuruh pelaku kembali ke rumahnya.


Sementara itu, korban yang menderita luka dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah. Setelah tiba di RSUD, korban dinyatakan meninggal dunia oleh dokter.


Hikmah

Ya Allah, akibat miras, memicu pembunuhan.


Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya. 


Minuman keras dan alkohol sudah diperintahkan Allah untuk tidak meminumnya.


Nikmat Allah masih banyak, minumlah minuman juga makanan halal dan toyib, halal dan baik.


Miras dan alkohol tidak sehat.


Semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan, kasih sayang-Nya, Aamiin Allahumma Aamiin.


Referensi: Regional Kompas




Comments

Popular Posts