Governance and Fraud


Perubahan 

Melakukan perubahan itu harus dari inisiatif dari orangnya.


Caranya bagaimana?

Caranya manusia memang harus di challenge, ga bisa perubahan cuma satu kali.


Jika kita melakukan perubahan lakukan berulang kali, tak cukup hanya satu kali.


When we love, you do it everyday, maka perubahan akan memihak pada anda.


Soft Power 

Sepakbola itu soft power, karena diminati oleh 70% penduduk Indonesia. Soft power yang lain yaitu BTS.


Kenal dengan konglomerat terkenal, mereka duduknya buka di Business class tapi di economy class.


Menariknya ketika makan di restoran, ternyata semua yang ada di restoran itu sudah dibayarkan oleh orang itu.


Berpakaian sangat sederhana ternyata masuk daftar orang terkaya di dunia.


Tumbang

Dalam peristiwa Krisis ekonomi, muncul pengusaha sukses, menilik kasus ala GAUTAM ADANI, pengusaha dari India. 


Dalam sekejap kekayaannya turun 110 milyar USD, 1600 Triliun Rupiah, merugikan negara.


Tumbangnya orang terkaya no 3 dunia, The Fraud of Adani Enterprises.


Setiap krisis itu melahirkan orang-orang yang terkenal sepanjang masa.


Ada sebuah film dokumenter di Netflix, berjudul MADOFF, orang sukses, tampil sebagai filantropi, terjadi krisis 2008, dia tidak bisa menghasilkan uang lagi. Karena uang ditarik dan bunga meningkat untuk menutupi semua itu dia menggunakan cara-cara tidak pantas, terjadi fraud yang cukup panjang terungkap di tahun 2008.


MADOFF belajar dari tokoh yang melakukan hal serupa, sekitar 80-90 tahun yang lalu, ketika Amerika mengalami krisis, The Great Depression. Tokohnya dikenang sepanjang masa yaitu Charles Ponzi.


Menggunakan skema money game, orang yang datangnya pertama diberikan insentif yang tinggi dengan cara menarik uang dari orang yang datangnya belakangan.


Kasus Adani di tahun 2020, masa pandemi, perusahaan melesat dengan cepat. Dan ketika di awal tahun 2023, dunia membaca berita, dia adalah nomor 3 terkaya dunia, media massa memuji-muji tanpa data.


Hanya saja Adani tidak diikuti perusahaan lain. Di tengah orang susah cari kerja, orang di rumah saja main saham, bisa berhasil.


Fraud ini terbongkar oleh perusahaan riset yang bernama Hiddenberg yaitu ketika Adani akan mengeluarkan saham baru dengan nilai fantastis sekitar 20 milyar di tanggal 21-24 Januari 2023.


Itu dilakukan karena ada momentum yaitu harga sahamnya sedang bagus tapi karena seperti itu Hindenberg mempercepat mengeluarkan dokumen.


Ketika Hidderberg mengumumkan, harga saham anjlok  sekitar 10 m hingga 100 m USD. Hingga kekayaan Andani menjadi merosot jauh yang menimbulkan bencana bagi pemerintah India.


Fraudnya yaitu:

  1. Laporan keuangannya tidak sesuai

  2. Resiko besar, profit tidak begitu kuat

  3. Terjadi pinjaman perusahaan dengan nilai besar

  4. Menggunakan dana publik untuk perusahaan mereka sendiri

  5. Mendirikan pembentukan perusahaan baru disaat mereka melepas saham baru

  6. Melanggar over safety rule

  7. Perusahaan sedang di investasi pemerintah India karena didalamnya ada penggelapan pajak, ada scam, fraud, yang dilakukan keluarga Adani

  8. Tokoh-tokoh perusahaan terlibat penipuan

  9. Tidak ada governance, tidak transparan, tidak akuntabel, datanya tidak bisa dipertanggungjawabkan


Isu-Isu dalam perusahaan Adani:

  1. Membantu perekonomian India

  2. Mengklaim barat tidak senang, karena barat tidak bisa menerima orang terkaya no.3 muncul di India

  3. Adani muncul dengan bisnis yang berbeda menggunakan bisnis sumber daya alam yang merusak lingkungan. Seperti perusahan yang di Australia yang berada di dekat konservasi alam, The Great Barrier Reef. 

Padahal orang-orang kaya berasal dari mereka yang sudah menekuni bidangnya sejak lama dan survive hingga saat ini sebut saja Coca Cola, Walmart, sudah dirintis puluhan tahun yang lalu dan mereka yang menekuni bisnis-bisnis yang berkaitan dengan teknologi, seperti Microsoft, IBM, Tesla, Amazon, mereka ini adalah orang-orang yang melakukan pembaharuan dengan konsep DISRUPSI. 

  1. Ada masalah geopolitik, ternyata NATO mencari kawan di Asia Selatan. Setelah Asia Timur, untuk menghadapi Taiwan jika isu Tiongkok menyerang. Maka dibangun lawan di Asia Selatan untuk menghadapi Tiongkok. Maka memang antara India dan Tiongkok berseteru.

Perang di abad 21 yaitu air. Air menjadi sumber ketegangan antara kedua negara. Air yang berada di sungai-sungai India, asalnya. Dari pegunungan Himalaya, yang disisi lain merupakan wilayah Tibet, Tiongkok. Di sana pemerintah Tiongkok membangun 4 DAM dan pembangkit tenaga listrik dan air. Sehingga ketika musim kering, pemerintah Tiongkok menahan air di sana, sehingga masyarakat di sekitar Sungai Brahmaputra India tidak mendapatkan air. Isu pertanian menjadi berat di India. Ketika musim hujan pemerintahan Tiongkok memilih melepaskan air dan terjadilah banjir di India.

  1. China mencari kekuatan di Asia Selatan dengan membina hubungan baik dengan Pakistan dan di Timur Tengah hingga Srilanka. Dan Adani menjual listrik ke Bangladesh. Dimana ketika perusahaan Adani mengalami kesulitan harga listrik berubah, baik, hingga Bangladesh meminta negosiasi ulang.

  2. Munculah tokoh dari Inggris Jo Johnson, adik dari mantan perdana menteri India, Boris Johnson sebagai konsultan. Elara Capital. Dan investor saham Andani adalah pengusaha-pengusaha besar internasional seperti Blackrock. Ketika investor ini menarik sahamnya mengakibatkan guncangan pasar modal di India, 53.4% turun dalam tempo 10 hari. 

Tidak ada makan siang yang gratis, ada kepentingan-kepentingan, dan Jo Johnson mengundurkan diri, mereka cuci tangan.


Insight

Mengelola perusahaan bukanlah perkara mudah, jika terjadi krisis banyak ujian.


Banyak perusahaan - perusahaan yang tadinya dikenal sebagai filantropis ternyata terungkap kejahatannya ketika krisis.


Anda bangun usaha, dan mendatangkan masyarakat serta mengelola uang mereka sehingga harus menjaga kepercayaan dengan sistem, akunting yang benar dengan menjaga secara hati-hati dan uang itu bisa dipertangungjawabkan. 


Karena lebih baik kita sukses dengan GOVERNANCE dibanding kita sukses dengan FRAUD.


Sumber:Prof. Rhenald Kasali, PhD.







Comments

Popular Posts