Game Level 7: Semua Anak adalah Bintang: Day 2

Aktivitas Keterampilan Hidup (Excercise of Pratical Life)

Tema: Mengurus Diri Sendiri

Kegiatan: Membuka dan Memasangkan Kancing Besar

Peralatan: Baju berkancing

Kelompok umur: Mulai 3 tahun

Tujuan:
  1. Mengajarkan anak cara membuka dan memasangkan kancing besar.
  2. Mengembangkan disiplin kepada anak
  3. Keterampilan motorik halus
  4. Kemandirian
  5. Koordinasi tangan-mata
  6. Fokus
  7. Tanggung jawab
  8. Percaya diri
  9. Keterampilan bahasa


Aplikasi kegiatan:
  1. Letakkan semua peralatan di atas meja.
  2. Tarik ujung kain (untuk menunjukkan lubang), dorong kancing, kemudian keluarkan kancing melalui lubang kancing, lakukan sampai semua kancing terbuka.
  3. Setelah semua kancing terbuka, bukalah helaian kain satu per satu ke arah kiri dan kanan baju, perlihatkan kepada anak bahwa bingkai tersebut terbuka karena semua kancing telah terlepas satu sama lain.
  4. Rabalah setiap sisi baju menngunakan kedua tangan dengan cara menyentuhkan dua jari (telunjuk dan jari tengah) yang menelusuri seluruh pinggiran baju.
  5. Tutuplah kembali baju dengan memindahkan satu per satu helaian kain hingga kedua helaian kain menutupi seluruh baju, kemudian pegang kancing menggunakan tiga jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, ibu jari. Jari lainnya memegang kain yang ada lubang kancingnya, kemudian doronglah dan masukkan kancing dan helaian kain tersambung sempurna.
  6. Lakukanlah untuk semua kancing pada baju.



Variasi:

1. Latihan memakai dan membuka baju, gunakan ukuran kancing yang lebih kecil.

2. Menggunakan aneka bukaan baju (risleting, gesper, kancing, tekan dan lain-lain).



Kecerdasan Majemuk Spesifik yang diasah:

1. Logika Matematika
Melatih anak menganalisis dan problem solving jika terjadi ketidaksesuaian saat kancing telah terpasang semuanya. Misalnya saat ditemukan ada satu kancing yang tidak mendapatkan pasangan lubang kancing.

2. Visual Spasial
Melatih mata untuk melihat detail serta koordinasi tangan dan mata agar terampil memasukkan dan mengeluarkan kancing dari lubangnya.

3. Kinestetik
Saat memegang kancing, lalu menggerakan ototo jari dan tangan membuka kancing, semuanya mempersiapkan kemampuan fisik, kekuatan otot, dan gerakan untuk membaca dan menulis, yaitu latihan gerakan arah mata dan otot tangan dari kiri ke kanan dan latihan kesiapan tiga jari (telunjuk, jari tengah, dan ibu jari) untuk memgang pensil.

4. Musik
Persipaan kekuatan otot serta gerakan tangan dan jari saat mulai tertarik pada alat musik instrumen tertentu yang membutuhkan kepekaan dan keterampilan aspek ini.

Evaluasi kegiatan:
Hari kedua ini k3, melakan kegiatan memasang kancing besar pada baju dengan lubang menggunakan tali, awal-awal terlihat antusias, saat menghadapi kendala kesulitan memasukan, k3 mulai bilang “capek”. Ibuk coba lagi untuk memberikan semangat, “oke, “ayo Kak’, “Alhamdulillah”, “Sedikit lagi”, “Sip”. Beberapa kali dicoba, mulai terbiasa, dan mulai senang karena berhasil terus.






Kemudian dicoba menggunakan baju dengan kancing lebih kecil dan dengan lubang tanpa tali, awal-awal masih penyesuaian, kemudian terbiasa, dan untuk kegiatan ini berpotensi untuk kami lanjutkan pengulangan atau dengan variasi baru seperti risleting, gesper atau kancing tekan), atau yang awal belajar bajunya diletakkan di meja dan selanjutnya akan dicoba dengan memasang kanicng dengan baju sambil dipakai di badan.


#hari2
#gamelevel7 
#tantangan10hari 
#semuaanakadalahbintang
#kuliahbundasayang


Comments

Popular Posts