Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial: Day 6

Menabung

Ketika k1 dan k2, meminta dibelikan sesuatu, kami berusaha menstimulasi untuk menabung terlebih dahulu.

Dan k1 dan k2 antusias melakukannya. Jika sudah terkumpul, dan memenuhi kebutuhan yang diinginkan, mereka akan senang sekali. 

Ini proses, yang sudah berlangsung lama, sedikit demi sedikit , sejak dari kecil. 

Walaupun banyak warung di sekitar rumah, tiap hari sudah tidak jajan, saya menyediakan makan ringan seperti buah, pancake, popcorn, puding  atau membuat jus yang cepat mengenyangkan mereka. Sehingga mereka malas untuk jajan.




Selain tabungan berupa celengan. K1 dan k2 juga mempunyai tabungan pelajar bukan di bank tapi di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah selanjutnya dalam peraturan ini disebut KSPPS , di sekolah juga di dekat rumah.

Menurut artikel yang saya baca,
Salah satu  Cara Sederhana Ajarkan Anak Atur Keuangan, yaitu berikan celengan untuk tempat menabung

Nah, Anda bisa memberikan celengan sederhana atau bahkan berbentuk karakter kartun kesukaan anak tersebut agar ia lebih giat menabung. Ajarkan kepadanya cara menyisihkan uang untuk menambal pengeluaran boros yang sudah dia lakukan.

Jika si anak diberikan uang jajan Rp 20 ribu sehari, ajarkan untuk menyisihkan Rp 5.000 per harinya dengan memasukkan ke celengan. Dalam satu bulan, ia dapat mengumpulkan hingga Rp 200 ribu dengan catatan disiplin dalam melakukannya.

Izinkan dia untuk menggunakan tabungan tersebut membeli mainan idaman hanya dengan uang tabungan. Jadi ia akan terbiasa untuk belajar menyisihkan uang.i

Artikel selengkapnya: Cara Sederhana Ajarkan Anak Atur Keuangan

#hari6
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial
#kuliahbundasayang





Comments

Popular Posts