Kulineran di Maroko


Marokoooo edisi kulineran, kuy.

Setelah serunya menjelajah Marokoberjalan-jalan menyusuri daerah-daerah, kota, dan tempat bersejarah terkenal di kota Maroko. 

Menjelajah tempat-tempat itu pastilah membuat perut lapar  Saatnya, makan. 

Maroko perpaduan budaya arab, eropa, dan afrika membawa sensasi makanan dengan bumbu-bumbu kaya rempah perpaduan budaya tersebut.

Berikut makanan favorit dari Maroko, yaitu:

1. Roti

Baghrir Roti Khas Maroko, credit: www.cheria-travel.com

Di Maroko terdapat banyak jenis roti yang terkenal dengan kelezatannya. Roti kering yang disebut Khobz adalah makanan pokok Maroko berupa roti yang dipanggang dalam oven berbahan bakar kayu.

Credit: depositphoto

Harsha atau flat bread dari Maroko, credit: istock

Rghaif/Msemen dari Maroko, credit Taste of Maroc

Roti lain yang terkenal adalah Baghrir (roti spons, sedikit seperti crumpets), Harsha (roti mentega yang terbuat dari pasta tepung semolina halus). Dan Rghaif (roti berbentuk datar dan berlapis-lapis). Topping roti yang banyak digunakan di Maroko adalah madu atau keju kambing.

2. Couscous

Pasta Couscous, Credit: Tokopedia.com

Couscous, credit: food.detik.com

Seksu atau Couscous adalah pasta dari gandum yang berbentuk gulungan. Makanan ini dikukus bersama rebusan daging dan sayuran. Untuk melengkapinya, daging ditutupi dengan piramida couscous berupa sayuran yang dimasukan ke dalam sisi pasta dan saus disajikan secara terpisah. Makanan khas Maroko ini sering dihiasi dengan kismis yang manis atau dalam tradisi Berber disajikan dengan semangkuk buttermilk.

3. Makouda

Makouda/moroccan potato, credit: my moroccan food

Tempat makan legendaris dan terbaik untuk mencicipi berbagai makanan Maroko adalah di Djemaa el Fna di Marrakech. Di sini terdapat berbagai snack tradisional Maroko seperti kebab, cumi dan sarden panggang. Ada juga daging pipi sapi, kepala kambing, siput yang dimasak dalam kaldu pedas, dan sate hati kambing. Makouda adalah makanan paling populer Djemaa el Fna yang banyak dicari orang karena kelezatannya. Makanan ini berupa bola kentang goreng yang dicelupkan ke dalam saus pedas yang disebut saus harissa.

4. Zaalouk

Zaalouk/Moroccan Eggplant Salad, Credit: gypsyplate.com

Makanan khas Maroko banyak berupa salad sayuran yang dimasak dengan roti. Salad biasanya terdiri dari paprika hijau dan tomat, wortel manis atau courgette pure, dan dilengkalpi minyak zaitun lokal. Zaalouk adalah salad sayuran yang terdiri dari terong yang diasapi dan dibumbui dengan bawang putih, paprika, jinten dan bubuk cabai.

5. B'stilla

Chicken B'stilla/ Chicken Pie Maroko, credit: eatlivetravelwrite.com

B'stilla adalah pie tradisional Maroko yang terkenal sangat lezat. Pie ini terdiri dari berlapis-lapis adonan tipis yang dicampur dengan daging merpati, almond dan telur. Pie ini dibumbui dengan kunyit, kayu manis dan ketumbar. Adonan B'stilla ditaburi dengan gula dan kayu manis diatasnya.

6. Teh Mint

Teh Mint Maroko, credit: istockphoto.com

Teh mint adalah minuman tradisional Maroko yang dikenal sebagai “wiski Maroko”. Teh ini biasanya sangat manis dengan gula yang sangat banyak di dalamnya. Minuman ini dibuat dengan merendam bubuk teh dengan beberapa tangkai spearmint yang dimasukkan ke teko.

7. Kepala Kambing Kukus

Kepala Kambing Kukus, credit: gotravelly.com

Kepala kambing kukus adalah makanan khas Maroko yang banyak dimakan selama festival Islam Idul Adha (Hari Raya Kurban). Untuk memasaknya, kepala domba dikukus selama sekitar lima jam sehingga siap dimakan ketika siang. Kepala kambing bisa dibeli dengan atau tanpa mata, meskipun otak yang dijual secara terpisah di kios daging lain. Untuk makan kepala kambing kukus, kamu dapat menaburinya dengan jinten, garam dan cabai. Daging bagian pipi dan lidah adalah yang paling banyak disukai orang karena kelembutannya.

8. Ikan Sarden Pedas

Morrocan Sardines, credit: SBS.com.au

Credit: tasteofmaroc.com

Maroko adalah eksportir terbesar di dunia untuk sarden, sehingga ikan kecil banyak diolah dalam berbagai jenis makanan. Sarden khas Maroko biasa diisi dengan pasta chermoula pedas yang terbuat dari tomat, ketumbar, cabai, bawang putih, paprika, jinten, minyak zaitun dan jus lemon. Sarden dilapisi dalam adonan yang digoreng sampai garing dan sering disajikan dengan cabai hijau goreng.

9. Terong Goreng

MELTINGLY TENDER Moroccan Eggplant, credit: fastingathome.com

Terong banyak dimasak di Maroko sebagai makanan pokok. Terong goreng dimasak dengan diiris-iris tipis dan diberi saus merica pedas manis. Vegetarian di Maroko sangat menyukai makanan ini karena terong mengandung banyak vitamin untuk tubuh. Makanan ini disajikan dengan Lubia (Persian Green Bean Rice) pedas (kacang haricot putih yang direbus dengan tomat, jinten, paprika, bawang putih dan jahe) atau salad segar.

10. Brochette

Credit: TripAdvisor.com

Brochette adalah kebab ayam mini yang dimasak di atas arang. Daging ayam pada makanan ini sebelum dimasak dilumuri dulu dengan garam dan rempah-rempah seperti merica dan jinten. Setelah dibumbui, daging ditusuk seperti sate dan dibakar. Brochette disajikan dengan khobz (roti kering), harissa (saus lada merah), bawang merah, jinten dan garam.

11. Sup Bekicot

credit: pinterest.com

Di Maroko banyak kios makanan yang menjual Sup Bekicot dalam tong yang populer di seluruh negeri. Cara memakannya adalah dengan menarik bekicot dari cangkangnya dengan tusuk gigi sebelum menyeruput sup. Siput memiliki rasa bersahaja, sedikit seperti jamur shitake. Sup bekicot ini dibuat dengan bumbu yang terdiri dari sekitar 15 rempah-rempah yang berbeda. Warga Maroko percaya bahwa kaldu bekicot baik untuk pencernaan dan dapat menyembuhkan demam.

12. Limpa Unta

Limpa Unta/ Stuffed Camel Spleen Maroccan, credit: random-times.com

Limpa Unta memiliki tekstur yang lembut dan creamy seperti hati. Limpa unta banyak dimasak di Maroko dengan minyak zaitun, rempah-rempah dan sedikit lemak dengan cara dipanggang dalam oven dan dicampurkan dengan berbagai jenis roti. Limpa unta biasa disajikan dengan diiris dan disajikan isi dalam sandwich. Di Maroko burger unta banyak dijual dan terkenal disajikan dengan kentang goreng dan salad.

13. B' ssara

B' ssara adalah sup khas Maroko yang berbahan dasar kacang. Secara tradisional makanan ini disajikan untuk sarapan. Di atas sup biasa diberi tambahan minyak zaitun, taburan jintan dan roti yang baru matang dari oven. 

B'ssara/Maroccan Fava Bean Soup, credit: www.bostonglobe.com

Kacang fava, credit: hellosehat.com

Kacang Fava atau yang juga dikenal dengan nama board beans adalah jenis kacang yang termasuk ke dalam tumbuhan polong.

credit: cheapandcheerfulcooking.com

Sup dibuat dengan banyak bawang putih (sekitar satu kilogram per tong besar) dan pemilik kios yang menjualnya hanya akan menutup toko setelah makanan ini terjual habis.

14. Tagine/Tajine

Maroccan Lamb Tagine/Tagine Kambing Maroko, credit: gastrosenses.com

Tagine adalah masakan tradisional Maroko yang dimasak dengan pot tanah liat dengan tutup berbentuk kerucut. 

Maroccan Lamb Tagine, credit: schwartz.co.uk

Tagine adalah suatu alat memasak sekaligus tempat penyajian. Tagine  terbuat dari tanah liat, bahan keramik berat yang berbentuk gerabah berglasir ditutupi dengan tutup berbentuk kerucut dengan bahan yang sama. 

Di Maroko, Tagine adalah makanan khas yang memiliki jenis yang beragam, mulai dari tagine daging kambing, daging sapi, daging ayam, hingga tagine sayuran yang bermacam-macam.

Makanan Tagine pada dasarnya semacam rebusan yang terdiri dari campuran sayuran, daging ayam atau daging kambing/sapi dengan ditambah bumbu-bumbu khas Maroko seperti daun khusbur dan mukholat

Biasanya Tagine memang dipergunakan untuk merebus daging dengan api suhu yang rendah, sehingga menghasilkan daging dengan aroma yang kuat. Untuk mengetahui matang atau belum, cukup mengangkat bagian atas yang berbentuk seperti pegangan pada penutupnya. 

Untuk menghidangkan Tagine/Tajine tak perlu dipinsah ke piring saji. Selain sebagai alat memasak, piringan dari tanah liat ini juga berfungsi sebagai wadah penyajian karena bisa menyimpan panas makanan dalam waktu cukup lama. Bentuk dan tampilan yang cantik membuatnya pantas di taruh langsung di atas meja santap.

Tagine dapat ditemukan di kafe pinggir jalan hingga di restoran papan atas. Biasanya makanan ini selalu disajikan dengan roti.

15. Ikan Chermoula

Maroccan Chermoula Fish Tangine, credit: feastwithsafiya.com 

Maroko terletak dekat dengan laut Atlantik dan pantai panjang Mediterania. Posisi geografis ini membuat Maroko menjadi kaya dengan hidangan ikan. 

Maroccan Chermoula Fish Tangine, credit: taste.com.au

Chermoula adalah makanan tradisional Maroko yang mengombinasikan bumbu dan rempah-rempah dengan ikan bakar. Ikan mackerel adalah jenis yang paling sering digunakan untuk memasak makanan ini.

16. Harira

Maroccan Harira Soup (lentils, chickpeas, pasta) with Sweet Pretzel, credit: 123rf.com

Selama bulan suci Ramadhan, warga Maroko biasanya berbuka dengan semangkuk Sup Harira mengepul. Makanan ini dimasak dengan dengan bahan berupa tomat, kacang, buncis dan daging kambing. 

Topping sup ini adalah perasan air lemon dan beberapa ketumbar cincang. Makanan tradisional ini disajikan dengan pretzel manis yang disebut chebakkiya.

17. Kefta Tangine

Maroccan Kefta Tagine with egg, credit: dreamstime.com

Kefta adalah makanan khas Maroko yang berbahan dasar daging sapi atau kambing cincang. 

Kefta tangine, credit: tripAdvisor.com

Daging cincang dengan dimasak dengan bawang putih, ketumbar, peterseli, dan kayu manis kemudian digulung menjadi bola dan dimasak dalam saus tomat dan bawang. Tepat sebelum hidangan siap, telur dicampur ke dalam saus untuk memperkaya rasa masakan.

18. Dessert

Di Maroko terdapat berbagai jenis Dessert atau hidangan penutup. 

Credit: stock.adobe.com

Kue-kue manis dan biskuit banyak dijual di Maroko, khususnya selama Ramadhan saat umat Muslim berpuasa dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Traditional Maroccan Festive Cookies on silver tray, credit:dreamstime.com

Setiap malam umat Muslim di Maroko merayakan berbuka puasa dengan kurma segar, kue-kue dan harira gurih. 

Briwat/ Briouat/Briouate– Moroccan Almond Pastry/Almond Traditional Briwat Coated With Honey, credit; morocandy.com

Briwat/ Briouat/Briouate– Moroccan Almond Pastry/Almond Traditional Briwat Coated With Honey, credit; moribyan.com

Briwat itu kue versi manis dari samboosaKue yang paling banyak disukai untuk makanan berbuka puasa adalah kue briwat (kue berbentuk segitiga yang digoreng dan adonannya diisi dengan almond) dan shebakia (kue wijen goreng berbentuk bunga). 

Shebakia Flower Cookies (Cookies with sesame and honey), credit: themoroccanrecipes.com

Kedua kue ini dimakan dengan dicelupkan ke dalam madu.

Alhamdulillah kenyaaang, eits tunggu dulu ini baru beberapa kuliner favorit dan terkenal, belum tempat kuliner favorit terkenal di Maroko. Nah, ditunggu ya Bestie, tempat kuliner favorit terkenal di Maroko di artikel selanjutnya. Ya Allah, semoga bisa ke Maroko, Aamiin Allahumma Aamiin.


Referensi:

https://www.cheria-travel.com/2018/07/kuliner-khas-maroko-yang-wajib-di-cicipi.html?m=1

https://www.cheria-travel.com/2015/12/tagine-makanan-khas-unik-dari-maroko.html?m=1

Comments

Popular Posts